RS Betha Medika

CARA MENGGUNAKAN SALEP MATA

Memiliki mata yang bermasalah biasanya sangat menganggu, mata yang sehat tentu diidamkan bagi semua orang karena mata merupakan aset terpenting dalam kehidupan.

Apabila Anda memiliki gangguan pada mata dan diberikan obat berupa salep mata, meskipun terlihat sederhana tentu cukup bingung bagaimana cara menggunakannya karena hal tersebut sangat berbeda dengan menggunakan tetes mata.

Jangan khawatir, Kami akan menjelaskan cara menggunakan salep mata yang baik dan benar guna mencapai pengobatan yang efektif dan efisien.

CARA MENGGUNAKAN SALEP MATA :

Cuci tangan sebelum mulai memakai salep, Duduk di depan cermin agar Anda dapat melihat setiap prosesnya.

Buka tutup salep, kemudian dongakkan kepala Anda,,Tarik kelopak mata bawah secara perlahan-lahan, lalu arahkan pandangan mata Anda ke atas tanpa menggerakan kepala.

Tekan kemasan salep sampai salep muncul sekitar 1 cm dan oleskan ke bagian dalam kelopak mata bawah, Hindari kemasan salep menyentuh mata atau bulu mata agar salep tidak terkontaminasi oleh bakteri,,Setelah salep menempel di mata, kedip-kedipkan mata agar salep merata.

Sesaat setelah salep berada di mata, pandangan Anda menjadi buram, tapi kondisi ini akan menghilang setelah salep merata dan meresap,,Bersihkan sisa salep di sekitar luar mata menggunakan tisu.

Apabila Anda harus memakai lebih dari satu kali, tunggulah 30 menit sebelum Anda mengoleskan salep berikutnya, Apabila Anda harus memakai obat tetes mata dan salep mata, gunakan obat tetes mata terlebih dahulu, tunggu lima menit, kemudian gunakan.

Apabila Anda masih merasa belum nyaman atau tidak bisa menggunakan salep mata sendiri, mintalah bantuan orang lain untuk mengoleskannya pada mata Anda.

Akan tetapi pastikan terlebih dahulu orang tersebut benar-benar paham bagaiman cara pakai salep mata yang benar seperti di atas.Semoga bermanfaat dan Salam Semakin Sehat Dari Kami Keluarga Besar RS Betha Medika.

 

Oleh : Dessy Asky Ronasia,S.Farm.Apt
Apoteker RS Betha Medika

 

(RS Betha Medika)

Tags

Tinggalkan Balasan