Kecamatan Cikole

Wilayah Pengembangan Sektor UKM, Perumahan, Kesenian Jasa dan Perdagangan

Kelurahan Subang Jaya berpotensi pada perkembangan sektor UKM, perumahan , kesenian, jasa dan perdagangan.

Laporan Hiti Robiah

Luas wilayah Kelurahan Subang Jaya mencapai 219, 3 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat, yakni sebanyak sekitar 17.000 jiwa dengan 4.603 kepala keluarga. Kelurahan Subang Jaya memiliki 14 RW dan 76 RT.

Batas wilayah dari Kelurahan Subang Jaya sebelah utaranya adalah Desa Sukajaya yang masuk wilayah Kabupaten Sukabumi, sebelah selatannya dengan Kelurahan Nanggeleng, sebelah baratnya dengan Kelurahan Cisarua dan sebelah timurnya juga Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Kelurahan Subang Jaya menurut Kasie Pembangunan dan Pemberdayaan Indrayana, merupakan kelurahan pemekaran dari Desa Cisarua. Desa Cisarua yang sebelumnya masuk wilayah Kabupaten Sukabumi akhirnya gabung ke Kota Sukabumi. Kini menjadi Kelurahan Cisarua.

Sektor UKM yang diunggulkan di Kelurahan Subang Jaya salah satunya terdapat di Rw 01 yakni produksi makanan kecil khas Sukabumi seperti stick udang, keripik, kue-kue basah dan lain-lain. Lokasi keberadaan area Kelurahan Subang Jaya pun strategis untuk membuat hunian atau disebut perumahan.

Saat ini sudah terdapat delapan perumahan yang berdiri di area Kelurahan Subang Jaya. Adapun hal-hal positif yang timbul semenjak adanya perumahan-perumahan tersebut. Banyak warga yang membangun usahanya mulai dari warung makanan, bengkel, laundry, toko dan lain-lain. Sehingga tingkat perekonomian masyarakat terbantu.

Di RW 01 terdapat KPR (kampung Peduli Remaja) yang memberdayakan masyarakat agar kreatif dalam kegiatan positif, mulai dari pengajian rutin mingguan, membuat hasta karya atau kerajinan tangan (bouqet), serta pemeriksaan rutin (ptm) penyakit tidak menular dan juga kegiatan olahraga. Tujuan lain diadakan KPR ini yakni mengarahkan para remaja agar tidak banyak bermain media sosial.

Di RW 08 pun para warganya aktif dalam kegiatan kesenian, ada pencak silat dan juga terdapat banyak alat musik khas Jawa Barat yang sering digunakan dalam acara kesenian.

Kelurahan Subang Jaya pun pernah menyabet gelar sebagai Kelurahan Terbaik tingkat Nasional, lalu sempat menjadi Juara 2 di tingkat Jabar pada lomba P2WKSS pada tahun 2018. (cr5/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Check Also

Close