Satu Rumah Cikidang Terancam Tertimbun

RADARSUKABUMI.com, CIKIDANG— Satu unit rumah warga di Kampung Bantarlopang RT 2/7 Desa Gunungmalang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, terancam tertimbun longsor, Selasa (4/12).

Dari informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, insiden terjadi pada pukul 13:00 WIB, ketika wilayah tersebut diguyur hujan sejak sekitar pukul 11.00 WIB hingga kondisi tanah yang labil tergerus longsor dan menimbun satu unit rumah bagian dapurnya. Beruntung, pemilik tengah berada di luar rumah sehingga selamat dari ancaman longsor itu.

Bacaan Lainnya

“Karena memang kondisi tanahnya yang labil sehingga ketika diguyur hujan terjadi longsor dan menimbun rumah warga bagian dapurnya,” kata Koordinator Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna kepada Radar Sukabumi, kemarin (4/12).

Lebih lanjut Daeng mengatakan, hingga saat ini BPBD Kabupaten Sukabumi masih melakukan pengecekan dan pendataan kerugian akibat bencana tersebut. “Sementara masih dalam penanganan, sehingga untuk kerugian belum bisa diprediksikan,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Angga Lesmana mengaku, warga disekitar lokasi kejadian merasa khawatir adanya longsor susulan. Pasalnya, tidak dipungkiri ketika hujan mengguyur bisa saja kondisi tanah labil akan longsor kembali. “Terlebih, dibawah tebing ketinggian sekitar dua meter ini banyak rumah warga sehingga bisa mengancam keselamatan juga,” ungkapnya.

Sebab itu, dirinya meminta pemerintah terkait khususnya BPBD dapat memberikan bantuan untuk pemasangan bronjong. Hal itu, guna meminimalisir terjadinya longsor susulan. “Saya harap pemerintah bisa secepatnya memberikan bantuan berupa pemasangan beronjong untuk menanahan tebing ini,” harapnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *