RamadhanSUKABUMI

Sidang Isbat Digelar Selasa Petang Ini, Awal Puasa Besok atau Lusa?

JAKARTA – Kementerian Agama RI akan melaksanakan sidang isbat pada Selasa petang ini (15/5), untuk menentukan awal puasa Ramadan.

Sidang tersebut menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan dihadiri berbagai unsur terkait. Serta mendengarkan kesaksian petugas yang disebar di 90 titik di seluruh Tanah Air guna melihat hilal.

“Ini untuk kita dengar laporannya apakah sore nanti setelah Magrib, ada yang berhasil melihat hilal atau tidak,” kata Lukman di Istana Negara, Jakarta.

Dalam sidang isbat nant hanya akan ada dua kemungkinan. Pertama, kalau sore nanti hilal terlihat maka malam ini sudah masuk bulan Ramadan, dan besok sudah berpuasa.

“Tapi kalau tidak ada satu pun yang berhasil melihat hilal, maka sebagaimana ketentuan hukum agama bulan ini itu digenapkan menjadi 30 hari. Kemudian satu Ramadhan baru akan jatuh pada hari Kamis lusa,” jelas Lukman.

Karena itu pihaknya meminta seluruh unat Islam memantau pelaksanaan sidang, terutama konferensi pers yang akan dilakukan setelah sidang berakhir.(fat/jpnn)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close