Pemkab SukabumiSUKABUMI

Disnakertrans Murka, Namanya Dicatut dalam Dokumen Kontrak Kerja

SUKABUMI – Lima pemuda warga Kabupaten Sukabumi mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) pada Kamis (30/11) lalu. Mereka mengadukan dugaan pungutan liar (Pungli) yang diduga dilakukan oknum pegawai dinas dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sukabumi pada program perekrtutan calon tenaga kerja dalam proyek pembangunan perumahan bersubsidi khusus buruh.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, beberapa hari terakhir ini, publik dihebohkan dengan beredarnya surat kontrak kerja staf pelaksana program pengembangan perumahan subsidi buruh industri Kabupaten Sukabumi yang ditandatangani calon pekerja di atas materai dengan ditetapkan oleh Direktur Eksekutif Kadin Kabupaten Sukabumi, Ivan Karen Andrian serta Kadisnakertrans Kabupaten Sukabumi, Ade Mulyadi sebagai pihak yang mengetahui. Surat tersebut dikeluarkan pada 17 Oktober 2017.

Selain itu, tersebar pula kuitansi pembayaran dari calon pekerja. Dilihat dari kuitansi yang tersebar di media sosial itu, jumlah dana yang dikeluarkan calon pekerja itu sebesar Rp3,5 juta untuk pembayaran administrasi dan diterima oleh petugas yang berinisial W.

Karena lembaga dan pimpinannya disebut-sebut dalam persoalan ini, Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Ali Iskandar membantahnya dengan tegas. Menurutnya, Disnakertrans tidak pernah terlibat dalam aktivitas rekrutmen pekerja tersebut.

“Saya tegaskan, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi tidak terlibat dengan aktivitas rekrutmen pekerja yang dilakukan oleh oknum Kadin. Memang Disnakertrans memiliki program yang bekerjasama dengan Kadin dalam menyediakan rumah buruh layak huni, murah, mudah dan berkah.

Tetapi, dalam hal ini Disnakertrans tidak serta merta melakukan perekrutmen tenaga kerja. Apalagi sampai meminta uang. Jelas itu tidak benar,” jelas Ali saat dihubungi Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, Jum’at (1/12).

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close