POLITIKSUKABUMI

Prabowo Negarawan

Visi misi itu bukan untuk dipopulerkan, melainkan untuk diterapkan. Sejatinya DPR itu penyeimbang untuk check dan balance. Melalui tiga fungsinya, kontrol, anggaran dan legislasi. Kontrol anggarannya, kontrol peraturan dan kebijakan pemerintah, untuk memastikan setiap uang negara yang berasal dari rakyat serta aturan dan kebijakan pemerintah sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Jika tetap menjadi penyeimbang untuk fungsi check dan balance, kita sudah bisa memprediksi dengan tindakannya all out dan maksimal, namun tidak akan banyak merubah keadaan. Sedangkan rakyat menginginkan perubahan yang cepat untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Sekedar Pendapat : Jika saja program visi misi Pak Prabowo Subianto dan Pak Joko Widodo dikombinasikan dan dikolaborasi para profesional di kedua ikon ini, tentu output nya akan sangat baik bagi percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Dengan catatan, lupakan koalisi dan oposisi.

Jika serius ingin mewujudkan cita-cita Indonesia Adil Makmur, maka Partai Gerindra harus berada di dalam pemerintahan. Menjadi oposisi di dalam lebih efektif dibanding oposisi di luar, karena memungkinkan adanya kombinasi program, namun tentunya hal ini membutuhkan keluhuran jiwa dari semua pihak, karena dalam perjuangan untuk merah putih tidak boleh ada ruang untuk perasaan pribadi.

Seandainya jadi bergabung ke pemerintah jika Partai Gerindra masuk kabinet, yang dapat dipandang sebagai tugas bangsa menurut hemat saya kemungkinan tujuannya untuk mengabarkan kepada pendukung bahwa cita-cita, visi dan misi yang sebelumnya disampaikan, minimal sebagian dapat terwujud karena dengan masuk ke pemerintahan setidaknya akan dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah secara konkrit. Kondisi saat ini banyak persoalan pelik yang membuat kita harus bersatu mengedepankan kepentingan rakyat dan meninggalkan ego masing-masing.

Justru saya salut dengan Pak Prabowo, beliau telah menunjukkan sifat kenegarawanannya dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara yang lebih besar dengan menaklukkan keinginan di atas kepentingan pribadinya, dengan segala kerendahan hati, demi satu keyakinan bahwa visi misi yang pernah beliau sampaikan dapat dikolaborasikan dengan visi misi Pak Jokowi menuju Indonesia Maju, Adil dan Makmur.

Mungkin kalau sekedar mau gagah-gagahan Partai Gerindra bisa saja. Partai Gerindra pemenang ke-2 suara Pemilu. Tetapi esensi Kenegarawanan Pak Prabowo didasari nilai patriotisme atas kecintaannya terhadap bangsa dan negara. Oleh karena itu jika sudah masuk pada fase DEMI RAKYAT, apapun beliau akan lakukan.. Sami’na wa ato’na. (*)

Tags

Tinggalkan Balasan