April, Bansos Rastra Dihapus

CISAAT– Mulai bulan depan, Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Sejahtera) di Kabupaten Sukabumi bakal dihapus. Sebagai gantinya, masyarakat penerima manfaat program tersebut akan menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Secara teknis, BPNT yang diberikan kepada 15 persen masyarakat Kabupaten Sukabumi ini berbentuk uang non tunai sebesar Rp110 ribu yang tersimpan pada kartu. Setiap penerima manfaat hanya bisa membelanjakan uang tersebut untuk kebutuhan pokok pada outlet yang telah ditentukan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Iwan Ridwan menjelaskan, BPNT adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme uang elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan.

“Tujuan perubahan pemberian bantun ini untuk meningkatnya ketahanan pangan ditingkat KPM sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan,” jelasnya kepada Radar Sukabumi.

Tidak hanya itu, dengan sistem baru ini dapat juga mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan dan nemberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM.

“Ini salah satu upaya pemerintah pusat untuk mengentaskan kemiskinan untuk mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” terang Iwan.

Pos terkait