Kisah Stephen Langitan Bermotor Sendirian dari Jakarta ke London

  • Whatsapp

Setiap hari selama lima bulan Stephen Langitan harus melintasi jarak 600 kilometer, termasuk di beberapa wilayah konflik. Pernah nyungsep sekali, tapi motor tak rusak. Ganti ban pun cuma sekali.

AGFI SAGITTIAN, Jakarta

GROSAAAKKK…! Suara keras itu keluar dari mikrofon kamera aksi yang tertancap di helm. Gambar bergoyang. Seketika lensa pun beradu dengan permukaan tanah penuh pasir. ’’Hahaha, ini pas saya jatuh di jalanan di Turki. Saat itu mata ngantuk berat dan saya menikung terlalu kencang di jalanan yang penuh pasir,’’ ungkap Stephen Langitan menunjukkan salah satu rekaman video footage saat dia mengendarai motor.

Pengalaman ’’nyungsep’’ di Turki itu merupakan satu di antara sekian banyak pengalaman mendebarkan yang akhirnya menjadi cerita manis. Selama melakoni perjalanan dengan mengendarai motor sendirian (solo riding) dari Jakarta ke London pada 25 Maret hingga 17 Agustus 2018. Selama kurun waktu lima bulan itu, pria berusia 54 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai bloger tersebut melintasi total 26 negara. Memacu Kawasaki Versys 250 dengan livery merah putih.

Stephen memang penggemar motor. Ide ’’gila’’ solo touring Jakarta–London itu datang setelah ayah dua anak tersebut menuntaskan berbagai tur bermotor ke sudut-sudut tanah air. Awalnya, dia bermaksud solo touring Jakarta–India. Tapi, setelah menghitung biaya, selisihnya tak banyak dengan kalau bablas ke Eropa. Pada akhir 2017, jadilah dia memantapkan niat bermotor dari Jakarta ke London.

Rekan-rekannya langsung menganggap itu rencana gila. Sendirian. Pada usia yang sudah 54 tahun lagi. Sang istri juga sempat tak percaya dan melarang ketika Stephen menyampaikan ide tersebut. Tapi, Stephen jalan terus. Dari hitungan di atas kertas saja, rencana awal yang bakal ditempuh sejauh 30.000 km melintasi 30 negara. Jarak tersebut hampir sama dengan Sabang–Merauke enam kali PP (pergi pulang).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *