Lahan Warga Turunan Arab Terbakar

PEMADAMAN: Petugas pemadam kebakaran BPBD Kota Sukabumi saat memadamkan api di lahan milik warga keturunan Arab di Jalur Lingkar Selatan, RT 8/4, Kampung Cibalung, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong.

WARUDOYONG, RADARSUKABUMI.com – Lahan milik warga keturunan Arab di Jalur Lingkar Selatan, RT 8/4, Kampung Cibalung, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong terbakar. Api yang membakar lahan seluas 350 meter tersebut nyaris saja merembet kepmukiman disekitar lokasi.

Kepada Radar Sukabumi, Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sukabumi, Zulkarnain mengungkapkan, warga sekitar lokasi yang khawatir akan Kabaran api yang semakin membesar menghubungi BPBD Kota Sukabumi. “Kejadiannya sekitar 13:30 WIB, dari keterangan saksi, kobaran api yang semakin membesar terlihat setelah saksi salat duhur, karena khawatir langsung menghubungi kami,” ungkapnya, kemarin (5/9).

Dalam peristiwa tersebut, BPBD Kota Sukabumi menerjunkan dua unit armada pemadam kebakaran berikut dengan petugas. Api berhasil dikendalikan sebelum meluas ke pemukiman warga. “Lahan yang terbakar itu dekat dengan pemukiman warga dan tempat usaha. Informasinya, lahan itu milik salah satu warga etnis Arab. Alhamdulilah, api berhasil dipadamkan dan tidak merembet kerumah warga,” terangnya.

Dari keterangan yang dikumpulkannya, lanjut Zul sapaan karib Zulkarnain, api diduga dari pembakaran sampah disekitar lokasi kejadian yang tertiup angin sehingga semakin membesar. “Diduga kebakaran akibat dari adanya orang yang membakar sampah lalu tertiup angin dan menimbulkan percikan api di beberapa spot,” sebutnya.

Kendati tidak ada korban jiwa maupun luka, namun pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati, sehingga tidak menimbulkan bencana. “Tidak ada korban, kami himbau agar tidak sembarangan membakar sampah ataupun lahan saat musim kemarau sepeti ini karena bisa berdampak besar,” pungkasnya.

 

(upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *