Andik Siswanto Jabat Danyon 310/KK, Ageng Wahyu Jabat Dan Dodik Latpur

CIKEMBAR – Pergantian pimpinan terjadi di lingkungan Batalyon Infanteri (Yonif) 310 Kidang Kancana. Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, Danyon 310 KK diganti oleh Letkol Inf Andik Siswanto.

Prosesi serah terima jabatan keduanya akan berlangsung hari ini di lapangan Batalyon 310 KK, Kecamatan Cikembar, sekira pukul 08.00 WIB. Rencananya, prosesi sakral ini akan dihadiri oleh pejabat militer, non militer dan Forkominda.

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon dipindah-tugaskan menjadi Komandan Depo Pendidikan Latihan Pertempuran Rindam III Siliwangi (Dodik Latpur) di Ciuyah, Banten. Sementara penggantinya, Letkol Inf Andik Siswanto sebelumnya bertugas di Pusat Persenjataan Infanteri (Pussenif) Bandung.

“Pergantian jabatan dalam suatu karir perwira merupakan hal yang wajar dan sudah menjadi tradisi di TNI Angkatan Darat. Tujuannya yakni mewujudkan satuan prajurit yang elite dan disegani pada satuan Kodam III Siliwangi,” jelas Ageng kepada Radar Sukabumi.

Ageng mengaku tidak menemukan kendala apapun saat menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai Danyon. Bahkan ia merasa, masyarakat Sukabumi sangat baik dan memiliki sikap yang ramah tamah. “Saya menjabat di sini sekitar satu tahun delapan bulan. Alhamdulillah, tidak menemukan kendala. Kalau pun ada kendala, kami rubah kendala itu menjadi peluang positif untuk terus berjuang bersama-sama,” tandasnya.

Selain masyarakat yang ramah, Ageng juga merasa dibantu oleh aparat kepolisian dan juga pemerintah. Sehingga tidak heran, bila sinergitas dengan semua pihak sampai detik ini masih tetap terjaga. “Satuan Yonif 310 ini, bukan satuan yang ditakuti, tetapi merupakan satuan TNI yang dicintai oleh warganya. Sehingga mampu menciptakan kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat. Kami juga selalu aktif dalam aksi kemanusiaan. Seperti membantu korban bencana alam di Cisolok Sukabumi dan Pandeglang Banten,” timpalnya.

Ia menambahkan, prajurit Yonif 310 KK merupakan para prajurit yang sangat luar biasa. Seluruh anggotanya merupakan prajurit kujang yang masih memegang tradisi TNI lama. Seperti lolayitas, penurut terhadap pimpinan dan memiliki jiwa korsa yang cukup tinggi.

Sehingga tak heran, bila mereka banyak mengukir prestasi. “Selama saya menjabat di sini, Batalyon 310 KK berhasil meraih sebagai juara III tingkat Kodam III Siliwangi pada 2018. Selain itu, kami juga memiliki atlet karate 100 orang. Setiap ada kegiatan, mereka selalu tampil melakukan aksi,” bebernya.

Sementara itu, Danyon 310 KK, Letkol Inf Andik Siswanto mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah prajurit Yonif 310 KK. Ia pun berjanji akan berupaya dan berbuat sebaik mungkin untuk satuan yang mulai hari ini resmi dipimpinnya itu. “Apa yang sudah dilaksanakan oleh Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon akan saya lanjutkan.

Baik itu program pada satuan, maupun program lainnya melalui kerjasama dengan semua pihak. Prajurit dengan atasan harus menjadi kesatuan, sehingga satuan kidang kencana menjadi kesatuan yang dihormati di Sukabumi dan Kodam III Siliwangi,” katanya.

Ketika resmi menjabat Danyon 310 KK, Andik mengklaim akan menggencarkan program Komunikasi Sosial (Komsos) dan melibatkan satuan dalam kebutuhan dan ketahanan pangan warga Sukabumi sesuai dengan program TNI Angkatan Darat.

“Seperti halnya dengan mengoptimalkan lahan petanian di Sukabumi dan lahan lainnya. Intinya kemanunggalan TNI dengan rakyat ini harus tetap terjaga dengan baik, sehingga keberadaan satuan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *