Ramadan

Menag Himbau, Ormas Tidak Lakukan Sweeping Selama Ramadan

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengimbau organisasi-organisasi kemasyarakatan mana pun tidak menggelar aksi sweeping selama Ramadan ini. Lukman menilai aksi sweeping justru menodai bulan suci umat Islam itu sendiri.

“Menurut saya kaitannya dengan sweeping atau tidak, ada baiknya untuk semua kita mampu menahan diri. Ramadan adalah bulan di mana setiap kami diberikan kesempatan untuk melatih diri dan mengendalikan hawa nafsu masing-masing,” kata Lukman di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5).

Lukman juga mengimbau semua pihak untuk menghormati bulan suci Ramadan ini. Politikus PPP ini tidak ingin ada gejolak yang bisa menimbulkan kerawanan sosial.

“Jadi kalau ada hal-hal yang dinilai tidak pada tempatnya, saya berharap mohon setiap kita tidak mengambil tindakan sendiri, atau main hakim sendiri. Sampaikan hal itu kepada aparat penegak hukum. Hanya mereka yang punya kewenangan untuk melakukan hal seperti itu,” kata dia.

Imbauan kepada ormas sendiri, kata Lukman, sudah disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Karena itu, dia meminta semua pihak untuk menjaga kesucian Ramadan ini. (tan/jpnn)

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *