Ratusan Mortir Ditemukan di Dago Bandung

BANDUNG, RADARSUKABUMI.com – Jumlah total granat mortir yang ditemukan di halaman rumah milik Kevin Permana, berjumlah 119.

Hal ini dipastikan oleh Dandim 0618/BS Bandung Letkol M Herry Subagyo, bahwa pencarian oleh tim Jihandak Yon Zipur hari ini mencapai 31 buah mortir.

Bacaan Lainnya

“Setelah melakukan pengecekan dan sterilisasi dengan metal detector kita pastikan ditemukan sebanyak 31 untuk hari ini. Ditambah kemarin 88, jadi total 119 mortir kaliber 8.0 mm,” jelas Dandim di lokasi penemuan di Dago, Rabu (6/3) sore.

Penyisiran yang dilakukan tim Jihandak Zipur III Siliwangi dinyatakan berhenti setelah dipastikan tidak ada mortir lainnya lagi setelah dilakukan sejak kemarin.

“Dengan begitu, kegiatan ini saya nyatakan dihentikan,” ujar Dandim 0618 BS Bandung. Dandim menjelaskan, bahwa ratusan mortir tersebut, dalam kondisi yang bervariatif.

“Beberapa di antaranya ada yang sudah berkarat dan ada juga yang sudah dalam keadaan rusak,” terangnya.

Saat ini, mortir-mortir tersebut ‎tengah dievakuasi untuk langsung dibawa guna dilakukan analisis sebelum nantinya akan di musnahkan.

“Kita masih menyelidiki ini buatan mana, tahun berapa dibuat, kita masih harus mengumpulkan data-data. Mungkin nanti dari Kodam akan memberikan keterangan lebih lanjut,” ucapnya. ‎

Herry memastikan, lokasi temuan ratusan mortir tersebut, dalam kondisi aman.

Namun begitu, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan kembali lakukan penyisiran jika ada laporan dari masyarakat.

“Kita sudah yakinkan tadi kita gunakan metal detector, di sekitar lokasi sudah tidak ada lagi mortir. Apabila memang masih ada kemungkinan ditemukan, kita harapkan masyarakat untuk bisa melaporkan untuk ditindaklanjuti,” tutup dia. ‎

(pojokjabar/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *