EKONOMI

Bunga Deposito Sudah 8,59 Persen

JAKARTA – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menaikkan suku bunga penjaminan atau LPS rate 25 basis poin (bps) untuk simpanan berdenominasi rupiah di bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR).

Dengan kenaikan tersebut, bunga penjaminan simpanan di bank umum menjadi 6,75 persen dan di BPR menjadi 9,25 persen. Sementara itu, bunga penjaminan untuk simpanan berdenominasi valas tetap 2 persen. Kenaikan itu berlaku mulai 31 Oktober 2018 sampai 12 Januari 2019.

Anggota Dewan Komisioner LPS Destry Damayanti mengungkapkan, keputusan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor. Di antaranya, suku bunga simpanan perbankan yang diperkirakan terus meningkat sebagai respons suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

”Sejauh ini BI sudah menaikkan bunga acuan 150 bps menjadi 5,75 persen dan kenaikan bunga ini masih akan berlanjut sejalan pengetatan moneter bank sentral AS,” kata Destry. Berdasar pantauan LPS, bunga deposito rupiah di 62 bank telah meningkat sembilan bps rata-rata menjadi 8,59 persen.

Kemudian, bunga deposito valas di 19 bank juga meningkat 6 bps menjadi 1,11 persen. Suku bunga simpanan yang terus meningkat tersebut merupakan respons atas kenaikan suku bunga kebijakan moneter.Namun, komponen distance margin yang merupakan representasi kenaikan intensitas persaingan antarbank menunjukkan tren stabil.

”Kenaikan suku bunga simpanan ini juga dipengaruhi meningkatnya kebutuhan dana perbankan untuk menjaga kondisi likuiditas di tengah tingginya ekspansi kredit yang berada di atas pertumbuhan pengumpulan DPK (dana pihak ketiga, Red),” lanjut Destry.Berdasar data LPS, rasio pinjaman terhadap simpanan (LDR) bank umum naik dari 94,16 persen menjadi 94,27 persen pada September.

Pada periode yang sama, pertumbuhan kredit meningkat menjadi 13,00 persen secara YoY.”Pemerintah melakukan injeksi likuiditas ke sistem keuangan dari aktivitas fiskal pada periode Agustus–September dan sesuai siklusnya potensial akan meningkat hingga akhir tahun,” jelas Detsry.

 

(ken/c25/oki)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close