RS Betha Medika

CARA PENCEGAHAN PENULARAN TBC DI RUMAH

RADARSUKABUMI.com – Penyakit tbc atau tuberkulosis merupakan penyakit berbahaya yang menyerang paru-paru dan disebabkan oleh infeksi bakteri “Mycobacterium tuberculosis”.

Menurut Data Yang Dihimpun Oleh WHO, Orang Yang Tinggal Serumah Dengan Orang Yang Terinfeksi Rawan Tertular Tbc, penyakit ini dapat menular dengan mudah, seperti tetesan kecil yang dilepaskan lewat udara seperti bersin dan batuk.

Bakteri ini berkembang menginfeksi tubuh ketika seseorang benar-benar lemah, sehingga penting bagi seorang perawat atau orang di sekitarnya untuk memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Untuk membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat dan mencegah penularan penyakit tbc di rumah.

Di bawah ini adalah tips-tips sederhana yang bisa diterapkan pada pasien dan orang-orang sehat di sekitarnya :

1. Hindari kontak langsung dalam waktu yang lama dan berhati-hatilah terhadap percikan air liur atau lendir              yang dikeluarkan oleh pasien yang menderita Tbc.

2. Jangan menghabiskan waktu terlalu lama di ruang pengap dan tertutup dengan siapa saja yang menderita          TB paru, sampai orang tersebut memiliki gejala yang lebih ringan.

3. Kurangi konsumsi alkohol

4. Kurangi merokok

5. Tidak menggunakan sapu tangan yang sering digunakan pasien penderita tb

6. Jangan berbagi peralatan rumah seperti cangkir, sendok ataupun piring dengan orang yang menderita tb.            Sebisa mungkin, gelas, sendok dan mangkuknya terpisah dengan orang yang sehat.

7. Selalu menjaga kebersihan diri sendiri, menjaga daya tahan tubuh dengan pola makan yang sehat, cukup            beristirahat, dan berolahraga secara teratur

8. Selalu memakan makanan seimbang dan sehat dengan banyak buah ataupun sayuran

9. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan olahan, terutama daging-dagingan

10. Untuk pencegahan yang lebih baik lagi, anda bisa meminta dokter untuk melakukan vaksinasi BCG, untuk            mencegah penularan TB.

11. Ketika berinteraksi dengan orang yang menderita tbc, anda harus menggunakan masker wajah dan                      sesegera mungkin untuk cuci tangan menggunakan sabun jika bersentuhan dengan penderita.

Semoga bermanfaat, dan Salam semakin sehat dari kami ,keluarga besar RS Betha Medika.

 

Oleh : Reni Junianti,Am.Kep
Kepala Ruangan Rawat Inap Lantai 1

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close