Susi Ajak Bersih Laut Serentak

JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat untuk lebih mencintai laut melalui sosialisasi ‘Pandu Laut Nusantara’ bertema ‘Bersatu Mencintai, Menjaga, Merawat Laut Nusantara’ saat momentum car free day.

“Harus (cinta laut) kalau tidak bukan bangsa Indonesia sebab laut kita adalah 71 persen daripada seluruh wilayah Indonesia,” ujar Susi Pudjiastuti di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Menara BCA, Jakarta, kemarin (15/7).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, laut Indonesia yang begitu kaya butuh kerjasama yang padu untuk menjaganya dari ancaman-ancaman laut seperti illegal fishing, sampah, ekspor biota laut secara illegal dan lain sebagainya. “Kita bisa liat betapa kaya nya laut Indonesia, namun ancaman-ancaman terhadap laut juga sangat tinggi,” imbuhnya

“Harus ada civil society yang betul-betul peduli, betul-betul ingin menjaga laut, untuk itu lah saya pikir, kita wajib satukan semua ‘stakeholder’ laut, organisasi-organisasi pecinta laut, kita bersatu padu, saya yakin tugas menjaga laut bukan cuma tugas pemerintah saja tapi tugas kita semua,betul tidak?” tambahnya.

Untuk memerangi ancaman-ancaman laut tersebut, Susi pun mengajak para pengunjung CFD turut berpartisipasi membersihkan laut dari sampah pada 18 Agustus 2018 mendatang. “Nanti kami akan buka perwakilan-perwakilan di seluruh Indonesia dan saya minta aksi pertama kita pada tangg

al 18 Agustus 2018, kita semua berdiri di sepanjang pantai di daerah masing-masing, kita bersihkan sampah yang ada, setuju tidak?” teriak Susi yang disambut seruan ‘setuju’ hadirin.

“Dari Sabang sampai Merauke kita berdiri di di pinggir laut jam 4 sore, kita bersihkan semua sampah-sampah kita yang ada di laut supaya laut kita sehat ikan nya banyak, sehingga bukan untuk snorkling saja tapi untuk makan kita juga cukup,” lanjut menteri nyentrik tersebut.

 

(wid)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *