MOTOGP

Sengit, Marquez Tetap Juara

ASSEN – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez akhirnya menuntaskan pertarungan sengit dengan penuh aksi salip-menyalip antar pembalap di Sirkuit Assen, Belanda, kemarin (1/7). Ini jadi kemenangan Marquez yang keempat pada musim MotoGP 2018.

Barisan 3 posisi pertama yang diisi Jorge Lorenzo, Marquez dan Valentino Rossi dalam 10 lap pertama tiba-tiba harus terpecah dari para pembalap di barisan kedua yang tiba-tiba merengsek masuk. Sejak lap pertama, setidaknya jarak antara tujuh pembalap terdepan memang tidak ada yang terpaut jauh, sangat rapat. Hingga memasuki 10 lap akhir pertukaran posisi pun terjadi.

Andrea Dovizioso, Maverick Vinales (Yamaha), Alex Rins (Suzuki) secara konsisten memanfaatkan sejumlah kesalahan barisan depan. Tak ayal, balapan pun diwarnai sejumlah gesekan-gesekan dan sebagian melakukan kesalahan karena terlalu ngotot.

Seperti Lorenzo yang pada awal lap memimpin harus melorot ke posisi ke tujuh dan Rossi yang sempat berjibaku di tiga terdepan harus tersingkir ke posisi empat karena melakukan kesalahan pada sisa 3 lap akhir. Aksi salip juga tak selesai sampai di situ. Marquez yang sudah aman mengunci posisi terdepan dengan mengambil jarak sekitar 1 detik lebih dari pembalap dibelakangnya pada sisa 2 lap, tidak lantas tontonan jadi sepi.

Mendekati bendera finis, antara Alex Rins dan Vinales serta Dovizioso dengan Rossi masing-masing mempertontonkan sebuah perjuangan akhir perebutan podium. Akhirnya, Rins tepat berada di belakang Marquez dan Vinales harus puas di posisi ketiga. Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Ducati Corse Dovizioso dan Rossi.

 

(mg8/jpnn)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close