Puluhan Pencaker Dilatih Keterampilan

CIKOLE– Sebanyak 50 para pencari kerja dari tujuh Kecamatan di Kota Sukabumi diberi pelatihan keterampilan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Sukabumi selama 10 hari.

Plt Kepala Dinas Disnakertrans Kota Sukabumi Iyan Damayanti mengatakan, pelatihan tersebut sengaja dilakukan untuk menjawab kebutuhan perusahaan.

Bacaan Lainnya

Dimana, para pencari kerja ini harus mempunyai keterampilan lebih selain pendidikan formal. Sehingga, para pencari kerja lebih berpeluang untuk diterima di perusahaan.

“Dari hasil Job Fair kemarin, bursa kerja kebanyakan mencari para pekerja yang mempunyai keterampilan lain, kalau sekolah SMK atau SMA itu apa kelebilannya, misalnya di Bidang Perhotelankah atau kuliner, nah makanya kami adakan pelatihan semacam ini pada pencari pekerja sehingga mereka siap bekerja,” ujarnya kepada Radar Sukabumi di sela-sela pelatihan di Kantor Disnakertrans Kota Sukabumi, kemarin (18/7).

Iyan menambahkan, dari 50 orang yang mengikuti pelatihan, 25 orang diantaranya mengikuti pelatihan perhotelan dan 25 orang lainnya mengikuti pelatihan tentang tata boga. Iyan berharap dengan adanya pelatihan tersebut bisa memberikan pemahaman tentang bagaimana tugas pokok para pencari kerja.

“Selain keterampilan, mental mereka juga harus ditekankan tentang etika dan hubungan sosial,” ujarnya. Adapun proses perekrutan pelatihan lanjut dia, sudah diberitahukan dari jauh-jauh hari kepada masyarakat dengan menyebarkan selembaran disetiap kelurahan di tujuh kecamatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *