PILGUB JABARPOLITIK

Panwaslu Kabupaten Sukabumi Rangkul Kaum Disabilitas

SUKABUMI— Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sukabumi melakukan kegiatan sosialisasi, pengawasan parisipatif bagi penyandang disabilitas, pada pemilihan Gubernur dan wakil gubernur 2018, pemilihan anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD serta pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 mendatang, disalah satu hotel kawasan Sukabumi, Sabtu (14/4/) kemarin.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sukabumi Agung Munajat dalam rilisnya mengatakan, kaum disabilitas mempunyai hak yang sama dengan masyarakat lainnya, terlebih pada pelaksanaan Pilkada. Untuk itu dengan kegiatan yang dilakukan pihaknya ini diharapkan kaum disabilitas mempunyai sedikit bekal pengetahuan tentang pengawasan, sehingga dalam pelaksanaan Pilkada nanti, kaum disabilitas ini tidak lagi dikesampingkan.

“Kaum disabilitas ini mempunyai hak pilih yang sama dengan kita semua jangan sampai ada pelanggaran yang terjadi pada kaum disabilitas karena tidak mengetahui aturan, dan hak nya dipaksa oleh orang lain,” ujarnya

Selain berperan aktif dalam Pilkada nanti, lanjut Agung mengatakan kaum disabilitas ini juga diharapkan bisa turut mengawasi pelaksanaan Pilkada, dan apabila terjadi pelanggaran, kaum disabilitas ini juga diharapkan bisa melaporkan temuannya kepada Panwas dan bersedia menjadi saksi dalam laporan pelanggaran tersebut.

“Yang banyak dikeluhkan oleh kaum disabilitas ini adalah masalah hak kependudukan, seperti susahnya untuk mendapatkan e-KTP, untuk itu kami akan mengawal masyarakat umum, khususnya kaum disabilitas untuk bisa mendapakan e-KTP,”terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU secara teknis berkewajiban untuk menyediakan logistik dengan memberikan hak kepada kaum disabilitas, mulai dari penyediaan bilik suara khusus, kartu suara khusus dan kebutuhan lain yang menunjang. “Kami menyatakan mengawal dan mengemban amanah rakyat untuk mengawasi jangan sampai saudara-saudara kami para penyandang diaabilitas tidak diberikan hak konstitusinya. Kami akan mengupayakan sekuat tenaga untuk mengimplementasikan amanah ini,”tandasnya. (adv/hnd)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close