UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Character Building Ala Universitas Nusa Putra

Mahasiswa Universitas Nusa Putra Siap Hadapi Persaingan Global dengan Bekal Kemampuan Intektual dan Semangat Kebangsaan

UNIVERSITAS Nusa Putra (NPU) sebagai satu-satu-nya universitas yang ada di Kabupaten Sukabumi, sudah sejak lama membudayakan pembangunan karakter (character building) di berbagai level kegiatan organisasi mahasiswa.

25 Anggota Baru Resimen Mahasiswa Satuan Nusa Putra Angkatan 3 – Saat Latihan Dasar Kemiliteran (LDK) di Secata, Pangalengan, Bandung.

Seperti di antaranya, menjadikan unit kegiatan mahasiswa (UKM) sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, baik peningkatan kemampuan soft skill maupun hardskill.

“UKM dan organisasi mahasiswa NPU menjadi salah satu sarana pembangunan karakter di perguruan tinggi ini,” ujar Muhamad Muslih, S.T, M.Kom selaku Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Alumni.

Menurutnya, dengan keikutsertaan mahasiswa dalam UKM maupun organisasi mampu menumbuhkembangkan prilaku dan sikap yang baik. Sehingga, kata dia, lulusan Universitas Nusa Putra dapat menjadi lulusan yang unggul dan mampu membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju.

“Mahasiswa di sini siap menghadapi persaingan global dengan bekal kemampuan intektual dan semangat kebangsaan hasil pembangunan karakter,” tandasnya.(ADV)

Foto bersama mantan Kepala BNN Komjen Budiwaseso bersama UKM Resimen Mahasiswa Serta Satgas Anti Narkoba dan Penanggulangan HIV/AIDS pada kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Penyematan Satgas Anti Narkoba Universitas Nusa Putra di Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi.

ANGGOTA MENWA TERBANYAK DI SUKABUMI DAN JAWA BARAT

Poto bersama usai upacara penutupan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa se-Jawa Barat di Rindam III Siliwangi, Secata, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Jumlah anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Nusa Putra (NPU) terbanyak di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Hal itu diungkapkan Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Alumni Muhamad Muslih, Kamis (15/3/2018).

“Dengan usia berdirinya yang belum lama, UKM ini memiliki anggota terbanyak bila dibandingkan dengan UKM Menwa di perguruan tinggi lain di Jawa Barat,” ungkapnya.

ILHAM JAENUDIN
Komandan Resimen Mahasiswa
Universitas Nusa Putra.

Lanjut dia, pertumbuhan yang sangat pesat dari UKM ini tidak lepas dari semangat mahasiswa Universitas Nusa Putra yang selalu ingin menjadi generasi emas bangsa Indonesia.

“Bagi saya bergabung dengan Universitas Nusa Putra merupakan sesuatu yang sangat membanggakan dan berarti bagi hidup saya,” tandasnya. Civitas Akademika Universitas Nusa Putra memiliki semangat luar biasa  dalam membangun generasi bangsa yang berkarakter. Hal itu terlihat dari berbagai upaya dilakukan sehingga dirasakan perkembangan kemajuan perguruan tinggi tersebut sangat cepat.

“Tidak kalah penting pola pembinaan karakter menjadikan mahasiswa memiliki semangat juang tinggi untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian,” pungkasnya. (ADV)

AKTIF MENJADI RELAWAN KEMANUSIAAN

Anggota UKM VTB berama BPBD Kota dan Kabupaten Sukabumi melakukan pembersihan jalan pada bencana banjir dan tanah longor di Kab. Garut Jawa Barat.

Volunteer Tanggap Bencana (VTB)Uni veritas  Nu sa Putra (NPU) menjadi relawan terdepan mahasiswa dalam upaya penanganan bencana.

Hari Pribadi, Ketua UKM VTB

“UKM VTB  Nusa Putra ini sekarang sudah menjadi mitra pemerintah pusat maupun daerah melalui Basarnas dan BPBD Kota maupun KabupatenSukabumi,” kata Ketua UKM VTB Hari Pribadi.

Volunteer ini, lanjut Hari, selalu melakukan aksi-aksi sosial kepada masyarakat yang terkena bencana,seperti bencana alam dan kebakaran.

“Melalui  UKM ini banyak hal   ya ng  da patdi pelajari. Kami juga bisa mengerti artikehidupan dan kebersamaan.” Ditambahkannya, banyak korban bencana yang mensyukuri kedatangan tim UKM VTB ke lokasi mereka. Padahal,kata dia, bantuan yang diberikan seadanya.

“Saya bersyukur sudah menjadi keluarga Nusa Putra yang tergabung dalam UKM-VTB. Disini saya bisa berbagi dan saya bangga menjadi mahasiswa Universitas Nusa Putra,” tandasnya.

PEDULI SESAMA, BENTUK IMPLEMENTASI TRILOGI NUSA PUTRA

Penandatangan MoU antara Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan Univeristas Nusa Putra.

Mahasiswa Univeristas Nusa Putra, membentuk UKM Satgas Anti-Narkoba dan Penanggulangan HIV/AIDS yang aktif melakukan koordinasi untuk menjalin kemitraan dengan lembaga-lembaga bentukan pemerintah seperti Lembaga Penanggulangan AIDS (KPA) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).“

Rahayu Muhtar Ketua UKM Satgas Anti Narkoba dan Penanggulangan HIV/AIDS.

Berbagai pelatihan kita lakukan bersama kedua lembaga tersebut, agar UKM ini bisa membantu lembaga pemerintah ini dalam upaya pencegahan bahkan penanggulangannya,” jelas Rahayu Mahtar, Ketua UKM Satgas Anti-Narkoba dan Penanggulangan HIV/AIDS Universitas Nusa Putra (NPU).

Gadis yang akrab disapa Ayu ini juga mengaku bangga, pasalnya keberadaannya di Universitas Nusa Putra bisa menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk membantu sesama yang dianggap sebagai nilai yang tidak terhingga.

“Saya selaku Ketua UKM Satgas Anti Narkoba dan Penanggulangan HIV/AIDS Universitas Nusa Putra merasa sedih dengan Sukabumi yang masuk peringkat kelima besar kasus HIV/AIDS di Jawa Barat. Namun, dengan yang dilakukan saat ini, saya merasa bangga karena ini merupakan bekal untuk saya di masa depan,” tandas gadis berparas manis itu.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Muhamad Muslih menambahkan, UKM tersebut telah aktif dalam aksinya melakukan sosiaslisai dan rehabilitasi terhadap kasus-kasus HIV/AIDS kepada masyarakat Sukabumi.

Hal tersebut, merupakan bentuk komitmen nyata Civitas Akademika NPU bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam melakukan pencegahan dan penanganan HIV/AIDS. “Kita pun membuat nota kesepahaman antara Universitas Nusa Putra dengan pemerintah daerah, untuk bersama berkomitmen melakukan aksi nyata dalam memberantas penyebaran HIV/AIDS dan Narkoba dengan upaya-upaya yang konprehenshif,” jelasnya.

Peringatan Hari AIDS Sedunia UKM Satgas Anti Narkoba dan Penanggulangan HIV/AIDS Bersama Pemerintah Kabupaten

(ADV)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close