SMK Yasti Gunakan Internet Sehat

CISAAT– Ratusan siswa SMK Yasti Cisaat diberikan pemahaman materi penggunaan internet sehat. Kegiatan yang dibalut melalui workshop internet sehat ini diprakarsai relawan TIK dengan tujuan agar para pelajar SMK Yasti dapat bijak dan produktif dalam menggunakan internet.

Ketua relawan TIK Sukabumi, Gery menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program cyber kreasi literasi digital dari Kementrian Informasi dan Komuniaksi (Kominfo). Dimana, saat ini penggunaan internet terutama media sosial mulai mengancam generasi muda dengan konten-konten yang berbau propokasi, hoaks dan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Kami memberikan edukasi bagaimana siswa khususnya dapat menggunakan internet dengan sehat,” jelasnya kepada Radar Sukabumi belum lama ini.

Selain diberikan materi tentang penggunaan internet yang sehat, siswa juga diberikan skill bagaimana Internet dapat menghasilkan sebuah karya yang bernilai produktif.

“Jadi dari pada dipake narsis, sebar hoaks, bully dan sebagainya, mereka diajarkan bagaimana smartphone bisa menghasilkan karya yang positif, salah satunya smartphone videografi. Dimana, dengan bermodak smartphone bisa membuat video dokumentasi atau bahkan film pendek,” terangnya.

Diharapkan gerakan literasi digital ini dapat merubah cara masyarakat secara umum dalan menggunkan internet dan media sosial. “Jadi tidak hanya pelajar saja, mahasiswa, komunitas dan masyarakat umum juga kami berikan edukasi internet sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMK Yasti Cisaat, Yudi Lazuardi menambahkan, edukasi internet sehat terhadap pelajar penting diberikan. Memgingat, saat ini hampir mayoritas siswa tidak terlepas dari internet dan smartphone.

“Terutama bagi siswa SMK, karena sesuai dengan jurusan yang ada. Jadi selain mereka dapat menggunakan internet dengan sehat juga bisa menghasilkan sebuah karya yang bisa bernilai,” pungkasnya (cr15/t).

Pos terkait