PENDIDIKAN

Mahasiswa UMMI Mendadak Jadi Legislator Senayan

JAKARTA – Ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) mendadak menjadi “Anggota DPR RI”. Mereka mengikuti persidangan yang dipimpin Anggota DPR RI Heri Gunawan, di Gedung Senayan DPR RI, Senin (20/02/20).

Persidangan itu merupakan bagian dari simulasi kunjungan kegiatan praktikum. Selain merasakan menjadi “Legislator Senayan”, para mahasiswa UMMI juga mengunjungi ruang komisi XI, museum DPR, dan ruang pelantikan.

Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Publik UMMI, Dian Purwanti menyebutkan dalam kunjungan yang melibatkan sebanyak 195 mahasiswa ini diterima langsung oleh anggota DPR RI, Heri Gunawan.

“Pada kegiatan kunjungan ke Komisi XI DPR RI ini, dilakukan simulasi praktik persidangan penetapan APBN, sehingga mahasiswa kami mengetahui, bagaimana sebenarnya proses persidangan yang dilakukan oleh DPR dalam menetapkan sebuah kebijakan,” ungkapnya.

Menurut Dian, tujuan kegiatan praktikum mahasiswa terkait proses pembuatan kebijakan di lembaga legislatif agar mahasiswa lebih memahami tugas dan fungsi DPR yang memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi pengawasan, anggaran dan legislasi.

“Mahasiswa menjadi lebih paham dengan mengikuti berbagai kegiatan yaitu simulasi sidang, kunjungan ruang komisi, museum DPR, dan ruang pelantikan. Juga diberikan pemaparan materi terkait tugas dan fungsi komisi XI DPR RI yang dipimpin Bapak Heri Gunawan,” jelasnya.

Loading...

Ditambahkan Dian, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswanya dan merupakan pengalaman yang sangat berharga. Karena tidak semua mahasiswa di Indonesia berkesempatan menduduki kursi anggota legislatif dan melakukan praktik persidangan.

“Kami sangat berterima kasih, karena mahasiswa kami memiliki pengalaman yang luar biasa. Saat saya memberikan materi di bangku kuliah sekaligus aplikasinya, sangat jarang sekali mahasiswa untuk duduk atau berada di ruang DPR RI ini,” katanya.

Sementara, anggota DPR RI Komisi XI Heri Gunawan menghaturkan selamat datang kepada ratusan mahasiswa UMMI di Gedung DPR/MPR-RI. Dalam rangka kunjungan kegiatan praktikum ‘Proses Pembuatan Kebijakan Publik’ Prodi Ilmu Administrasi Publik UMMI ini.

“Memilih DPR sebagai tempat untuk menambah wawasan, mengenai proses pengambilan kebijakan di negeri ini. Pasalnya, dewan memiliki peran penting dalam membuat suatu kebijakan sesuai dengan fungsi dan perannya yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan, ” paparnya.

Menurut Legislator dari Dapil Jabar IV mencakup Kota dan Kabupaten Sukabumi ini, terkadang apa yang didapat di bangku kuliah sering kali berbeda di lapangan, antara dunia pendidikan dan dunia praktik ada proses dinamika.

“Dengan simulasi persidangan yang kita lakukan bersama, semoga kawan-kawan lebih mengetahui proses pembuat kebijakan serta peran dan fungsi DPR dalam mengambil kebijakan. Terimakasih atas kedatangannya, sukses selalu untuk kalian, generasi milenial Sukabumi,” tandasnya. (*)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button