Sukabumi Creative Hub Genjot Perkembangan Ekraf

Sukabumi Creative Hub
Puluhan pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat kumpul di Rumah Mesra Kota Sukabumi dalam bertemu berbagi gathering 2022.

SUKABUMI — Puluhan pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) se Jawa Barat, mengikuti gathering di Rumah Mesra Kota Sukabumi. Hal ini, dilakukan sebagai upaya memajukan ekonomi kreatif di masing wilayah.

Ketua Sukabumi Creative Hub (SCH), Rendy Irlian Kamase mengatakan, kegiatan ini diinisiasi SCH dengan Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) Jabar untuk mengumpulkan komite Ekraf dan forum lintas komunitas kota/kabupaten se Jabar.

Bacaan Lainnya

“Kreasi Jabar sebagai lembaga resmi Pemprov Jabar menghimpun informasi dari masing wilayah sehingga ada acara ini. Alhamdulillah ada 11 kota/kabupaten yakni komite ekraf dan forum komunitas datang ke Sukabumi,” kata Rendy kepada wartawan, belum lama ini.

Adapun, lanjut Rendy, konferensi ekraf dan isu yang dihabas mulai pendataan ekraf, optimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) dan city tour berkeliling Kota Sukabumi.

Selain itu, pada Sabtu malam dijamu Wali Kota Sukabumi untuk gala dinner. “Selain itu, kegiatan digelar di Rumah Mesra dengan launching Teras Jabar dengan menampilkan produk 27 kota/kabupaten di Jabar. Acara ini, merupakan yang ke dua setelah yang sebelumnya dilaksanakan di Kota Kogor,” ujarnya.

Menurutnya, Sukabumi memiliki potensi besar dalam perngembangan Ekraf sehingga hal itu perlu tersampaikan kepada Kreasi Jabar dan banyak hal terjadi di Kota Sukabumi. “Karena banyak daerah lain menjadikan Kota Sukabumi sebagai role model dalam kegiatan ekraf,” bebernya.

Menurutnya, dari data SCH terdapat sebanyak 400 pelaku Ekraf yang tervalidasi dan masih banyak lainnya. Di mana, validasi terkait jenis usaha, besaran usaha, tenaga kerja dan omset yang didominasi kuliner, kriya, musik dan fotografi.

“Mapping awal ekraf masalahnya telah dilakukan hingga melahirkan beberap program. Diantaranya, classroom, kelas pembelajaran peningkatan sumber daya, store is rumah pajang menjual produk, merangkum Sukabumi dan festival berbagi,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Harian Komite Ekonimi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat, Harry Anugrah Mawardi menambahkan, kegiatan ini membahas perkembangan kondisi komite Ekraf dan forum lintas komunitas ekraf kota/kabupaten. “Dalam forum, dibahas pendataan pelaku ekraf dan pelaksanaan dan eksekusi pelaksanaan ekraf di kota/kabupaten” tambahnya.

Pihaknya, juga membahas realisasi kerjasama ekosistem pendukung misalnya pembiayaan pelaku usaha dan legalitas ekraf. Di mana, masalah legalitas badan usaha yakni 80 persen pelaku ekraf belum ada legalitas.

“Harapannya pelaku ekraf mendapatkan pembuayaan perbankan dan non perbankan dalam legalitas usaha dan fasilitasi HAKI. Sehingga Kreasi Jabar roadshow ke kota/kabupaten di Jabar,” pungkasnya. (bam)

Sukabumi Creative Hub
Puluhan pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat kumpul di Rumah Mesra Kota Sukabumi dalam bertemu berbagi gathering 2022.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.