ODGJ di Kota Sukabumi Menjamur, Warga Minta Dinsos Turun Tangan

  • Whatsapp
ODGJ
Seorang pria ODGJ saat berjalan di pusat kota sekitar Jalan RE Martadinata Kota Sukabumi

SUKABUMI — Keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Sukabumi, semakin menjamur. Bahkan, tidak jarang keberadaanya kerap menghebohkan warga seperti yang terjadi di pusat kota tepatnya Jalan RE Martadinata, salah seorang pria ODGJ menjadi pusat perhatian warga karena berjalan tanpa mengenakan pakaian.

Salah seorang pejalan kaki sekaligus warga Kecamatan Gunungpuyuh, Muhammad Adhar (44) mengaku kaget melihat ODGJ tanpa busa berkeliaran di tengah keramaian Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Kasian, apalagi tidak mengenakan pakaian atau telanjang auratnya jadi tontonan baik itu laki-laki mau pun perempuan. Hal itu, sering terjadi,” kata Adhar kepada wartawan, belum lama ini.

Menurutnya, dengan maraknya ODGJ saat ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah untuk segera menertibkannya jangan sampai keberadaan ODGJ ini membuat tidak nyaman dan resah masyarakat.

“Pemerintah khususnya Dinas Sosial harus segera respon dan segera melakukan penertiban ODGJ ini karena memang membuat resah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah Kota Sukabumi, Heri Sihombing mengatakan, jika melihat dari tugas pokok dan fungsi permasalahan ODGJ ini ada pada Dinas Sosial namun yang akan melakukan penertiban operasi ODGJ selalu menghubungi Satpol PP untuk memback up dukungan.

“Hingga saat ini belum ada laporan dari Dinsos, karena Dinsos itu bagiannya yakni Kepala Seksi yang menangani permasalahan sosial diantaranya ODGJ,” ujarnya.

Heri menambahkan, biasanya Dinas Sosial menerima laporan baik dari tingkat kelurahan maupun kecamatan sehingga langsung kembali menguhungi Satpol PP untuk melakukan penertibannya.

“Kalau sudah ada informasi dari Dinas Sosial, kami langsung melakukan penertiban hingga membawa ODGJ ke rumah sakit untuk diperiksa kondisi fisik kejiwaannya selanjutnya di bawa ke Rumah Sakit Jiwa,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *