Ayo Disiplin Pakai Masker

  • Whatsapp
Ade Warman, AMK.SKM
Ade Warman, AMK.SKM Unit Promkes RSI.Assyifa Sukabumi

Bismillahirahmanirahim, Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Kampanye penggunaan masker penutup hidung dan mulut gencar dilaksanakan. Penelitian ilmiah membuktikan, memakai masker bermanfaat sangat besar untuk mencegah penularan virus corona.

Bacaan Lainnya

Mengenakan masker ternyata tidak hanya melindungi pemakainya dan orang di sekitarnya dari ancaman Covid-19, tetapi masyarakat secara luas. Artinya, penyebaran virus ini dapat dikendalikan ketika semua orang benar-benar konsisten untuk memakai masker saat sedang berpergian.

Pemerintah menggaungkan pentingnya disiplin pakai masker untuk cegah penularan Covid-19. Penularan Covid-19 umumnya melalui droplet/cairan tubuh yang keluar dari hidung/ mulut seseorang yang telah terinfeksi, pada saat batuk ataupun bersin dimana droplet tersebu tterhirup atau menempel pada suatu benda /permukaan atau tangan.

Di saat itu, fungsi masker menjadi sangat penting. Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di stasiun, transportasi umum (misalnya bus/kereta) dan tempat-tempat umum lainnya, seperti pasar dan lain-lain.

Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus tersebut. Pandemi Covid-19 memunculkan kebiasaan baru, yakni pemakaian masker dalam berbagai aktivitas. Selama berhadapan dengan pandemi, kebiasaan ini semakin melekat di semua lapisan masyarakat.

Penularan Covid-19 dapat terjadi tidak hanya dari orang sudah diketahui terinfeksi, tetapi juga dari orang yang tidak menunjukkan gejala OTG (Orang Tanpa Gejala). Dikutip dari laman resmi WHO, penggunaan masker dapat menghambat terjadinya penularan virus corona melalui droplet dari orang yang terinfeksi.

Masyarakat dapat menggunakan masker berbahan kain dengan mempertimbangkan beberapa hal diantaranya jumlah lapisan kain/tisu, kemudahan bernapas yang diberikan bagi pengguna dari bahan masker, sifat kedap air/hidrofobik, bentuk masker dan kesesuaian ukuran masker. Penggunaan dan pembuangan masker terlepas dari jenisnya, penting untuk dilakukan dengan benar.

Hal itu untuk memastikan masker tersebut efektif dan untuk menghindari peningkatan penularan. Berikut cara penggunaan dan pembuangan masker sesuai anjuran WHO : tempatkan masker dengan hati-hati, pastikan masker menutup mulut dan hidung, dan kaitkan dengan kuat untuk meminimalisasi jarak antara wajah dan masker. Hindari menyentuh masker saat digunakan.

Lepas masker dengan teknik yang benar : jangan menyentuh bagian depan masker, melainkan lepaskan masker dari belakang. Setelah melepas atau setiap kali tidak sengaja menyentuh masker yang terpakai, bersihkan tangan dengan cairan antiseptic berbahan dasar alcohol atau sabun dan air mengalir jika tangan terlihat kotor.

Segera ganti masker saat masker menjadi lembap dengan masker baru yang bersih dan kering. Jangan gunakan kembali masker sekali pakai.

Buang masker sekali pakai setelah digunakan dan segera buang setelah dilepas. Kampanye pentingnya disiplin pakai masker diharapkan dapat berlangsung lebih lanjut dengan adanya kerjasama yang lebih erat lagi dengan berbagai lintas sektor dan elemen masyarakat sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang paham, sadar dan membiasakan diri berperilaku sehat mencegah penularan Covid-19.

Adapun pentingnya menggunakan masker kain adalah untuk melindungi orang-orang di sekitar kita jika kita terinfeksi tetapi tidak memilikigejala. Kapan menggunakan masker kain?

Masker kain harusdi kenakan kapanpun orang keluar rumah, misalnya kewarung, tukang sayur, apotek atau ketempat-tempat umum lainnya. Masker kain ini bukan pengganti jaga jarak, anjuran untuk tetap di rumah saja tetap dilakukan, menjaga jarak bila terpaksa keluar rumah minimal 1 meter tetap merupakan hal yang penting juga dilakukan. Masker kain dapat mencegah penyebaran penyakit dari pemakainya ke orang lain.

Upaya-upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, yaitu Selalu Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Menjaga Jarak. Penyebar luasan informasi terkait perilaku sehat telah dilakukan secara nasional dan daerah melalui televisi, radio, media luar ruang, media social serta seminar online/virtual meeting.

Pembagian masker dan spanduk secaral angsung di Kabupaten Karangasem seperti terminal dan beberapa lokasi strategis lainnya. Masker juga telah didistribusikan keberbagai tatanan melalui puskesmas dengan sasaran sekolah, pengunjung pasar, tempat kerja/perkantoran maupun masyarakat luas lainnya. Penggunaan masker yang lebih luas diyakini dapat mencegah puluhan ribu kematian akibat Covid-19, namun masker baru akan efektif jika sebagian besar populasi menggunakannya.

Menggunakan masker sangat efektif dalam pencegahan virus corona. Selain itu, cuci tangan juga sama pentingnya dengan memakai masker. Untuk saat ini pemerintah sangat gencar untuk mengkampanyekan pemakaian masker, mulai dari sanksi sosial hingga materi.

Masker juga dikenal dengan alat pelindung diri. Sebagai alat pelindung diri, masker dirancang untuk memberikan perlindungan kepada pemakainya dan bukan sebaliknya menjadi sarana transmisi atau penularan karena penggunaan yang salah.

Maka mari perbaiki dan disiplin cara kita dalam menggunakan masker, tetap gunakan masker dengan benar di manapun dan dalam situasi apapun kecuali saat makan masker memang harus dilepas. Termasuk disaat kita sedang berinteraksi dengan orang lain kita harus tetap menggunakan masker, Perhatikan pula dalam memakai dan membuang masker.

Tetap patuhi Prokes dimanapun kita berada “ Ikhtiar adalah Wajib “ Ikhtiar adalah kewajiban setiap Umat. Allah menyuruh kita untuk berikhtiar sebab itu adalah amal shalih. dan Allah melarang kita bergantung pada ikhtiar sebab hanya kepada allah kita bergantung.(Aa gym). Salam sehat (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *