DPMPTSP Kabupaten Sukabumi Genjot Promosi Potensi Investasi

  • Whatsapp
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi saat memberikan pelayanan kepada masyarakat. FOTO: RADAR SUKABUMI

SUKABUMI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi terus mempromosikan potensi investasi di Kabupaten Sukabumi. Sesuai program kerja DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, ketersediaan informasi tentang seluruh aspek yang berkaitan dengan investasi disusun.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Zainul S menerangkan, salah satu program pada 2021 ini yakni penysunan informasi tentang seluruh aspek yang berkaitan dengan investasi di Kabupaten Sukabumi. Dengan begitu, kabupaten Sukabumi siap menerima para investor untuk berinvestasi di kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Kabupaten Sukabumi sangat siap menyambut masuknya investasi. Apalagi adanya perubahan regulasi yang memudahkan, menjadi peluang bagi calon investor,” terangnya, Jumat (7/5/2021)

Penyediaan basis data itu, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, dalam meningkatkan pembangunan dari sektor pengembangan investasi yang dapat meningkatkan daya saing masyarakat, dan perluasan penyerapan tenaga kerja lokal. Maka dari itu, peningkatan kerja sama antara organisasi perangkat daerah terus ditingkatkan, khususnya penyediaan data potensi investasi

“Tantangan zaman terus hadir. Tidak cukup hanya inovasi pelayanan yang diciptakan dan dijalankan. Namun seluruh stake holder Harus siap menyikapi perkembangan zaman,” terangnya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan investasi itu, DPMPTSP fokus terhadap pengembangan iklim penanaman modal. Zainul mengatakan ada beberapa program yang akan dilaksanakan sesuai dengan program Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Salah satunya, penempatan pemberian fasilitas atau insentif di bidang penanaman modal yang menjadi kewenangan daerah.

“Dari sisi kinerja pelayanan, imbuhnya, berkomitmen meningkatkan pelayanan perizinan yang tepat waktu 100 persen.Artinya, ketika permohonan izin masuk, dan syarat pendukung sudah lengkap, maka kita optimalkan permohonan itu selesai dalam waktu sehari. Masuk hari ini, selesai hari ini,” bebernya.

Untuk mendukung proses perizinan tepat waktu, sambung Zainul, DPMPTSP telah menyediakan pelayanan terpadu perizinan dan non perizinan berbasis system pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Sedangkan pemberian fasilitas atau insentif yang dimaksud, landasannya sesuai dengan acuan dari BKPM. Pun pemberian fasilitas itu, akan dievaluasi untuk mengetahui manfaatnya bagi penanam modal, serta dampak positifnya bagi masyarakat maupun pemerintah daerah.

“Dukungan lainnya bagi calon investor, DPMPTS menyediakan layanan konsultasi. Ada pula pengelolaan pengaduan masyarakat terhadap pelayanan terpadu perizinan dan non perizinan. “Artinya, ketika investasi masuk ke Kabupaten Sukabumi, peran serta masyarakat sangat dilibatkan demi tercapainya iklim investasi yang sehat dan nyaman,” ujar Zainul.

Pemerintah Daerah melalui DPMPTSP akan melakukan kegiatan promosi penanaman modal, dengan potensi yang masih terbuka luas untuk dikembangkan. Salah satu potensi yang bisa menjadi primadona adalah pariwisata.

Apalagi, tambah Zainul, Kabupaten Sukabumi, memiliki potensi wisata seperti Gunung, Rimba, Laut, Pantai dan Sungai atau Gurilaps. Selain itu, Kabupaten Sukabumi yang memiliki kawasan Geopark Palabuhanratu-Ciletuh Nasional, masih membutuhkan investasi pendukung.

“Kini, kami tengah menyiapkan penyusunan strategi promosi penanaman modal. Salah satu potensi investasi yang masih terbuka luas, sektor pertanian dan peternakan. Sektor pariwisata, industri, dan lainnya, baik besar maupun mikro terbuka luas untuk dikembangkan secara wilayah maupun demografi,” pungkasnya. (upi/adv)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *