Nisfu Syaban Malam Pengampunan, Catat Niat dan Kuatamaannya!

Ilustrasi Nisfu Syaban
Ilustrasi Nisfu Syaban

Selain itu, umat Islam juga disunahkan untuk berpuasa saat Nisfu Syaban. Puasa ini dilakukan setelah malam Nisfu Syaban yakni bertepatan dengan tanggal 24 Febuari 2024.

Bacaan Lainnya

Ketika puasa tentu saja tidak sah jika tidak ada niat di dalamnya, sama halnya dengan salat, puasa juga harus diniatkan, jadi niat untuk puasa Nisfu Syaban adalah Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya’bana lillâhi ta’âlâ. Yang berarti ‘Aku berniat puasa sunah Sya’ban esok hari karena Allah SWT’.

Berbeda dengan puasa yang lain, niat puasa Nisfu Syaban bisa dibacakan pada siang hari selama belum makan dan minum. Sehingga, umat Islam tak perlu khawatir jika lupa atau tidak tau niat puasa Nisfu Syaban dan baru tau di siang harinya.

Keutamaan yang di dapatkan saat puasa Nisfu Syaban juga sangatlah besar. Hal itu sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, beliau berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Jika datang malam Nisfu Syaban, salatlah dan puasalah pada siang harinya karena Allah akan menurunkan ampunannya di malam itu, mulai dari terbenamnya matahari hingga pagi hari”.

Selain itu, dengan berpuasa saat Nisfu Syaban maka kita akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di akhir jaman. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *