Nisfu Syaban Malam Pengampunan, Catat Niat dan Kuatamaannya!

Ilustrasi Nisfu Syaban
Ilustrasi Nisfu Syaban

JAKARTA — Malam Nisfu Syaban menjadi malam yang dinanti-nantikan umat muslim, karena di malam ini terdapat banyak sekali keutamaan serta pahala yang bisa didapatkan.

Malam Nisfu Syaban merupakan malam jelang tanggal 15 di bulan Syaban sesuai penanggalan Hijriah. Salah satu keistimewaan yang diberikan pada malam Nisfu Syaban adalah Allah SWT akan memberikan pengampunan bagi siapa saja hambanya yang mau berserah dan bertaubat.

Bacaan Lainnya

Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam ditutupnya buku catatan perjalanan hidup setiap manusia, kemudian dibuka kembali lembaran baru untuk tahun yang akan datang. Sehingga, tak heran jika umat Islam berbondong-bondong mengumpulkan amalan di malam Nisfu Syaban.

Menurut bahasa, kata Nisfu berasal dari kata nashafa, yanshifu, nashfan yang bermakna mencapai tengah-tengah atau setengah. Sementara, Syaban bermakna bulan Syaban, atau bulan ke-8 tahun Hijriah.

Berarti Nisfu Syaban bermakna pertengahan atau tengah-tengah bulan Syaban tahun Hijriah. Dengan demikian, Nisfu Syaban berarti hari pertengahan atau hari ke-15 bulan Syaban.

Dalam kalender hijriah tahun ini, Nisfu Syaban bertepatan pada tanggal 15 Syaban 1445 atau jika di dalam kalender Masehi 25 Febuari 2024. Sedangkan untuk malam nisfu syaban bertepatan pada tanggal 24 Febuari 2024.

Ada banyak amalan yang disunahkan pada Nisfu Syaban, seperti memperbanyak salat sunah, zikir, memohon ampun, dan membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *