Ampuh Mengatasi Jerawat, 6 Makanan Sehat ini Bisa Jadi Penawarnya

Daging Salmon
Daging Salmon

JAKARTA -– Mengatasi kulit wajah berjerawat merupakan permasalahan kulit yang sering terjadi pada sebagian orang. Terdapat berbagai macam faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat, termasuk perubahan hormon, gaya hidup, dan pola makan tidak sehat.

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan pola makan dan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Meskipun makanan tidak sepenuhnya menyebabkan jerawat, tetapi terdapat beberapa makanan yang bisa memperburuk kondisi jerawat.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, masih ada juga makanan sehat yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit serta mengurangi resiko timbulnya jerawat.

Dilansir dari Healthline, Rabu (17/1), makanan yang rendah kadar gula dan memiliki kandungan protein dapat membantu mengurangi jerawat.

Berikut adalah 6 daftar makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

1. Kangkung

Kangkung adalah makanan tinggi serat yang penuh akan nutrisi tetapi sangat rendah kalori. Antioksidan, vitamin, dan mineral pada kangkung berfungsi untuk mengurangi hiperpigmentasi.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat mendorong pembentukan kolagen yang membantu memperbaiki bekas jerawat lebih cepat dengan meningkatkan laju pergantian sel.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung beta-karoten yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi. Senyawa vitamin ini memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari peradangan dan pori-pori tersumbat yang dapat memicu timbulnya jerawat.

3. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim pencernaan papain yang berperan dalam mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, memudarkan bekas jerawat, dan menghidrasi kulit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *