Umat Islam di Tiongkok Rayakan Idul Fitri Hari Ini, 3 Mei 2022

Salat Id
Ilustrasi/Salat Id--Instagram

BEIJING — Umat Islam di Tiongkok menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah, Selasa 3 Mei 2022. Beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) pun dikabarkan akan menjalankan Salat Idul Fitri pada hari ini, Selasa 3 Mei 2022.

“Kami (umat Islam di Tiongkok, red) berhari raya tanggal 3 Mei,” kata seorang imam Masjid Nandouya di Beijing.

Bacaan Lainnya

Asosiasi Islam Tiongkok (CIA) di laman resminya juga menyebutkan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 3 Mei 2022. Namun, masjid-masjid di Tiongkok sampai sekarang belum dibuka lantaran gelombang baru Covid-19 sehingga tidak ada gelaran salat Id seperti Lebaran tahun lalu.

“Menjelang Hari Raya ini, kami mengucapkan selamat kepada yang merayakannya dan mendukung kerja keras pahlawan antipandemi di garda terdepan,” demikian laman CIA.

Pada laman tersebut mengatakan, situasi di sana sedang parah. Sehingga Idul Fitri tahun 2022 tidak dirayakan seperti biasanya.

“Mari kita bersama-sama mendoakan negara ini agar bisa mengatasi pandemi. Semoga Allah Yang Maha Besar membantu upaya kami,” ajak CIA kepada umat Islam di seluruh pelosok daratan Tiongkok.

Otoritas Tiongkok memberlakukan kebijakan buka-tutup di rumah-rumah ibadah, tidak hanya masjid, dalam menyikapi setiap lonjakan kasus Covid-19. Beberapa orang asing yang hendak melakukan ritual keagamaan, biasanya dilaksanakan di premis diplomatiknya sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.