Pemkot Bandung Kolaborasi dengan Danone-AQUA, Hadirkan Teras Kuliner

Peresmian Teras Kuliner Cikapundung Barat kerja sama Pemkot Bandung dan Danone-AQUA.

SUKABUMI – Para pedagang kuliner di Cikapundung Barat, Kota Bandung saat ini telah menempati sebuah kawasan kuliner yang tertata apik dan nyaman. Sebelumnya mereka berjejer menempati trotoar di daerah Sungai Cikapundung Barat.

Namun seiring dengan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di bawah pimpinan Walikota Bandung Oded M Danial, dan Wakil Walikota Yana Mulyana sejak 2018 terus melakukan penataan dan revitalisasi beberapa titik di Kota Bandung, terutama untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan yang ditopang oleh usaha kecil dan menengah (UKM), Kawasan Kuliner Cikapundung Barat pun berubah total.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kota Bandung mengajak berbagai pihak dalam upaya revitalisasi ini, salah satunya Danone-AQUA.

Dalam hal ini Danone-AQUA berkolaborasi dengan Pemkot Bandung mengembangkan dan merangkul UMKM atau PKL yang ada di Kawasan Cikapundung Barat, sehingga mereka berkenan menempati kawasan yang asri, higienis, indah, dan nyaman.

“Pemerintah Kota Bandung telah membentuk satuan tugas khusus untuk mewadahi usaha-usaha UMKM di Kota Bandung, sehingga PKL itu bukan lagi sebagai pedagang kaki lima, melainkan Pedagang Kreatif Lapangan Juara (Forum PKL Juara) dan mereka kini semua tergabung dalam sebuah forum,” kata Walikota Bandung, Oded M Danial pada peresmian Teras Kuliner Cikapundung Barat melalui keterangan resminya kepada Radar Sukabumi, Minggu (26/1).

Menurutnya, para pedagang kuliner di Cikapundung Barat ini kini jauh lebih nyaman menempati Teras Kuliner Cikapundung Barat.

“Saya menghaturkan terima kasih kepada Danone-AQUA yang telah merevitalisasi kawasan Cikapundung Barat hingga menjadi kawasan nan asri,” ujarnya.

Walikota Bandung Oded M Danial juga mengharapkan agar perekonomian para pedagang di Teras Kuliner ini meningkat. “Dengan menempati Teras Kuliner ini para pengunjung akan semakin meningkat yang tentu saja memberikan peningkatan pendapatan para pedagang kuliner di sini,” tambahnya.

Sementara itu, Channel and Category Director Danone-AQUA Ruli Tobing mengatakan, di Teras Kuliner Cikapundung Barat dilengkapi dengan banyak tempat sampah dan dropbox untuk daur ulang botol plastik. Hal itu akan membantu para pedagang dan pengunjung dapat memanfaatkan sarana-sarana yang sudah tersedia untuk membuang atau mengelola sampah di Teras Kuliner ini dan tidak perlu membuang sampah ke sungai.

“Dengan demikian baik pedagang maupun pengunjung dapat ikut melestarikan lingkungan,” ujar Ruli Tobing sesudah penandatanganan prasasti kerjasama Pemerintah Kota Bandung dengan Danone-AQUA.

Danone-AQUA menjalankan kegiatan operasionalnya dengan konsep ramah lingkungan yang menitikberatkan pada prinsip keberlanjutan.

“Prinsip keberlanjutan dalam melaksanakan usaha didasarkan pada visi yang diemban Danone-AQUA – One Planet One Health – melalui suatu pemahaman bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat. Untuk menjaga agar bumi sehat dan lestari.

“Untuk kemasan produk, Danone – AQUA mencanangkan gerakan #BijakBerplastik sebagai komitmen kami untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengurangi 70% sampah di lautan di 2025,” tambah Ruli Tobing.

Yang perlu diketahui bersama bahwa prinsip #BijakBerplastik yang juga diinformasikan di Teras Kuliner Cikapundung Barat ini bukan gerakan baru untuk Danone-AQUA.

“Danone-AQUA lahir dan besar di Indonesia dan kami berjuang untuk kebaikan bagi bangsa ini menawarkan hidrasi sehat kepada jutaan masyarakat Indonesia, termasuk di Jawa Barat. Tujuan yang besar ini tentunya tidak dapat diraih hanya dengan satu atau dua orang saja, melainkan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Untuk itu Danone-AQUA mengajak seluruh pihak untuk terus berkolaborasi dalam mengalirkan kebaikan,” tutup Ruli Tobing. (*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *