Kampus

UBSI Tingkatkan Publikasi Bereputasi Internasional

PENDIDIKAN SUKABUMIUniversitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Sukabumi mendorong semua dosennya untuk meningkatkan kemampuan akademis, khususnya di bidang penulisan dan publikasi artikel bereputasi internasional.

Hal tersebut diwujudkan dengan terselenggaranya workshop di aula UBSI Kampus Sukabumi, Jalan Cemerlang, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Ketua Program Studi (Prodi) Sistem Informasi UBSI Kampus Sukabumi Agung Wibowo mengatakan, workshop berguna untuk meningkatkan publikasi artikel ilmiah dosen di kampus.

Terutama artikel ilmiah bereputasi internasional, sehingga bakal berdampak pada peningkatan kualitas dosen UBSI Kampus Sukabumi.

“Workshop ini tidak hanya sekadar pemberian materi saja, tetapi langsung dibentuk kelompok untuk membuat karya ilmiah dan langsung direview oleh narasumber,” ujar Ketua Prodi Sistem Informasi UBSI Kampus Sukabumi Agung Wibowo kepada Radar Sukabumi.

Hal itu dilakukan supaya dosen-dosennya memiliki pengetahuan tentang cara penulisan dan publikasi karya ilmiah bereputasi internasional.

“Sehingga dapat meningkatkan level publikasi ilmiah dari setiap dosen di UBSI Sukabumi,” tuturnya.

Kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh dosen khususnya dosen UBSI Kampus Sukabumi, serta dapat meningkatkan karya ilmiah mereka hingga pada akhirnya bisa tembus ke tingkat internasional.

Workshop menghadirkan narasumber yang merupakan Ketua Program Studi Program Doktor (S3) Sekolah Pascasarjana IPB, Imas Sukaesih Sitanggang. Kegiatan dibagi dua sesi. Sesi pertama diisi dengan pemaparan materi dari narasumber, dan kedua diisi dengan review jurnal yang dilakukan langsung oleh Imas Sukaesih Sitanggang.

Dalam pemaparannya, Imas menjelaskan banyak manfaat memiliki banyak penelitian yang tembus ke tingkat internasional. Salah satunya berpeluang besar untuk dapat berkolaborasi dengan banyak peneliti, bahkan yang berasal dari luar negeri. Selain itu, tahapan-tahapan menulis karya ilmiah bereputasi internasional.

“Terdapat lima tahapan menulis karya ilmiah bereputasi internasional, diantaranya adalah motivasi menulis karya ilmiah, memilih jurnal internasional, menyiapkan naskah, mengirimkan naskah dan tahap review serta terakhir berbagi hasil publikasi,” tandasnya. (wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan