Kecamatan WarudoyongKOTA SUKABUMI

DKP3 Sita Hati Sapi Bermasalah

WARUDOYONG, RADARSUKABUMI.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Sukabumi belum menemukan hewan kurban yang terjangkit penyakit. Hanya saja, beberapa hati sapi yang tidak layak untuk di konsumsi masyarakat. “Sampai saat ini, kami (tim pemantau hewan kurban,red) belum menemukan penyakit yang terdapat pada hewan kurban, artinya semua hewan kurban dalam keadaan sehat,” terangnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi, kemarin (12/8).

Kendati secara keseluruhan hewan kurban sehat, namun pihaknya menyita bebrpaa hati sapi yang dianggap tidak layak untuk dikonsumsi karena bisa berdampak pada kesehatan masyarakat.”Kami ambil beberapa hati sapi, karena kondisinya kurang baik. Maka, untuk memastikan tidak dikonsumsi oleh masyarakat kami ambil,” ungkapnya.

Adapun pemantauan hewan kurban, lanjut Kardina, masih bakal dilakukan hingga 14 Agustus mendatang. Karena memang, dibeberapa wilayah masih melaksanakan pemotongan hewan kurban. “Pemantauan diakhirinya pada 14 Agustus mendatang, beberapa wilayah masih melakukan pemotongan,” ujarnya.

Selain itu, DKP3 Kota Sukabumi telah memberikan pelatihan kepada panitia kurban di Kota Sukabumi untuk memastikan proses pemotongan dan pendistribusian dilakukan dengan baik. “Sebelum hari H, kami berikan pelatihan untuk pemotongan, termasuk pendistribusian juga menyarankan agar tidak menggunakan kantung plastik,” pungkasnya.

(upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan