Hukum & Kriminal KabKABUPATEN SUKABUMI

BNNK Sukabumi Gencarkan Desa Bersinar

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com — Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi, menggencarkan program desa Bersih Narkoba (Bersinar) sebagai penguatan pembangunan di Desa Sukamantri dan Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit.
Kepala BNNK Sukabumi, AKBP Deni Yus Danial mengatakan, pengukuhan relawan dan Penggiat Anti Narkoba (PAN) di lingkungan masyarakat desa ini cukup penting. Nantinya pemerintah desa diberi kewenangan sekaligus berkewajiban membina masyarakat untuk meminimalisir gejala gangguan sekaligus menciptakan ketentraman, ketertiban, keamanan dan kenyamanan di lingkungan desa. “Ini merupakan salah satu tanggung jawab dari keterlibatan pemerintahan desa atau kelurahan dalam memerangi bahaya Narkoba melalui Program Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba atau yang disering disebut P4GN,” kata Deni kepada Radar Sukabumi.
Menurutnya, proses mewujudkan lingkungan desa bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidaklah mudah. Karena itu, dibutuhkan peran dari semua unsur khususnya masyarakat sekitar. “Ya, tentunya dalam hal ini perlu adanya kerjasama yang baik termasuk dengan Babinsa dan Babinkamtibmas serta pemerintah desa maupun kelurahan,” ujarnya.
Yus Danial menyebutkan, saat ini narkoba sudah masuk ke pedesaan sehingga diperlukan ketahanan yang kuat dari desa untuk menangkal penyebarannya. Dengan adanya pencanangan desa Bersinar ini, diharapkan kedepan desa mampu memiliki daya tangkal yang kuat terhadap ancaman narkoba. ” Kami mengajak dan memberdayakan masyarakat di desa untuk lebih berperan aktif dalam memerangi narkoba dan mampu mempersempit ruang gerak sindikat pengedar narkoba di wilayah Sukabumi,” ungkapnya.
Pihaknya optimis, dengan berbagai upaya yang dilakukannya dapat memerangi peredaran gelap narkoba di Kabupaten Sukabumi kedepan. “Kami yakin, dengan adanya peran serta dari semua elemen akan mempersempit langkah peredaran narkoba,” ucapnya.
Sementara itu, Camat Kadudampir, Zenal Abidin mengapresiasi program yang kini tengah digencarkan BNN Kabupaten Sukabumi tersebut. Lantaran, dengan adanya komitmen antara pemerintah dengan masyarakat tentunya bisa mengantisipasi peredaran narkoba. “Tentunya dalam hal ini perlu adanya dukungan dari semua, khususnya masyarakat untuk mencegah peredaran narkoba di wilayah masing-masing,” singkatnya. (bam/d)

Tinggalkan Balasan