PMI dan ICRC Bekali Jurnalis Soal DVI

SUKABUMI – Puluhan jurnalis yang bekerja di media cetak, Televisi dan media online di Sukabumi, ikuti pelatihan dasar forensik dan Disaster Victims Identification (DVI) Mabes Polri yang diselenggarakan di Hotel Fresh Sukabumi, di Jalan Raya Bhayangkara, Nomor 127, Kota Sukabumi, belum lama ini.

Kegiatan yang digagas oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi ini, juga telah melibatkan International Committee of the Red Cross (ICRC) Asia dan Pasifik dan DVI Mabes Polri.

Bacaan Lainnya

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Ayi Abdullah mengatakan, kegiatan yang dihadiri puluhan jurnalistik dan relawan kemanusiaan ini, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman soal fungsi investigasi DVI dalam melakukan forensik.

“Para relawan dan media memiliki peranan penting dalam hal ini. Misalnya saja, ada seorang jenazah yang ditemukan dilokasi kejadian dan akan di identitifikasi oleh pihak kepolisian,” jelas Ayi kepada Radar Sukabumi.

Untuk mempermudah proses forensik, maka sudah sewajarnya mereka harus memahami dan membantu kinerja kepolisian dalam melakukan identifikasi. Seperti menyelamatkan data korban yang falid, Untuk itu, para relawan dan jurnalis selain dibekali ilmu dasar forensik, mereka juga melihat secara langsung dalam penanganan korban bencana yang peragakan secara simulasi.

“Saya berharap dengan terselenggaranya pelatihan ini, para relawan dan jurnalistik dapat mengimplementasikan ilmunya ketika saat bekerja dilapangan. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, mereka dapat terus sinergi baik relawan maupun jurnalis,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *