Warga Setujui Pembangunan PT SNN Dilanjutkan

SUKABUMI— Setelah sebelumnya sempat terhenti, pembangunan proyek agrowisata PT Suryanusa Nadicipta (SNN) yang berlokasi di Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya akhirnya bakal terus dilanjutkan. Hal itu, seiring dengan sudah dikeluarkannya surat rekomendasi pembangunan oleh pemerintah setempat dalam hal ini Kecamatan Caringin.

Boyke Martadinata, selaku camat Caringin membenarkan kabar tersebut. Menurutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang didasari atas persetujuan warga masyarakat bahwa surat rekomendasi itu dikeluarkan. Surat rekomendasi tersebut tentunya sudah dibubuhi tanda tangan warga di dua desa yang terdampak proyek pembangunan PT SNN, diantaranya warga Desa Pasir Datar Indah dan Sukamulya.

Bacaan Lainnya

“Jadi atas dasar itu kami (pihak kecamatan red) bisa menandatangi atau merekomendasi untuk selanjutnya ditindaklanjuti melalui proses perizinan di tingkat kabupaten. Untuk jumlah warga yang melakukan tanda tangan pastinya tidak bisa disebutkan, namun ada sekitar 500 orang atau 400 lebih yang sudah tanda tangan dan menyatakan setuju, “jelas Boyke kepada koran ini pada Jumat (6/4).

Menurutnya, rekomendasi itu juga sudah ditanda tangani oleh kedua kepala desa Pasir Datar Indah dan Desa Suka Mulya. Memang ada permintaan masyarakat kepada PT SNN yang di usulkan melalui pihaknya, namun yang paling penting adalah masyarakat sekitar tidak kehilangan mata pencahariannya dan itu sudah disampaikan ke perusahaan dan sudah disetujui.

“Dan saya juga perlu menyampaikan bahwa perusahaan juga menyanggupi untuk membantu masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat sekitar, “tambahnya.

Boyke juga menambahkan, harapan pemerintah (Kecamatan Caringin red), hari ini PT SNN datang untuk berinvestasi. Baik investasi dalam penyerapan tenaga kerja, menumbuhkembangkan potensi setempat menjadi baik. Dan kedepan saya juga berharap terjadi sinergitas anatara PT SNN dan Pemerintah maupun masyarakat.

“Saya kira dengan adanya pembangunan yang dilakukan PT SNN bisa dinikmati oleh semuanya, baik masyarakat sekitar maupun masyarakat luas Kabupaten Sukabumi. Dan saya berharap investasi ini bukan mengejar keuntungan semata tapi bisa mensejahterakan masyarakat juga, “terangnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Pasir Datar Indah, Asep Sofyan menambahkan, atas perwakilan warga desa dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan dan TNI/Polri yang sudah menegosiasikan keinginan masyarakat dengan perusahaan. Semoga dengan sudah terjadinya kesepakatan ini pembangunan bisa berjalan lancar.

“Yang terpenting, saat ini kedepan adalah antara hak dan kewajiban perusahaan dan masyarakat bisa berjalan. Perusahaan tidak melupakan kewajiban, begitupun masyarakat. Dan dengan demikian kita (masyarakat red) dan perusahaan bisa membangun desa lebih sejatera dan baik lagi kedepan.(*/hnd/adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *