Hasil Konsultasi Publik, Warga Caringin Dukung Pembangunan Agrowisata

SUKABUMI – Dukungan masyarakat Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya, terhadap rencana pembangunan agrowisata PT. Suryanusa Nadicipta (PT. SNN), semakin nyata. Setelah sebelumnya, dukungan masyarakat dituangkan dalam Rekomendasi Camat, kali ini dukungan semakin terlihat jelas pada saat dilakukannya kegiatan Konsultasi Publik, yang berlangsung di kantor Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Selasa (16/10).

Konsultasi Publik, yang diinisiasi oleh PT. SNN, dihadiri oleh perwakilan perusahaan, Muspika Kabupaten Sukabumi, para Tokoh Masyarakat dan masyarakat Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya. Konsultasi Publik dilaksanakan sebagai salah satu syarat untuk Studi Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL), sehingga proses investasi selanjutnya bisa berjalan.

Bacaan Lainnya

Menurut perwakilan PT. SNN, Saslihadi, Konsultasi Publik ini perlu dilakukan karena merupakan bagian dari tahapan Studi AMDAL yang diperlukan dalam sebuah proses berinvestasi. “ Konsultasi Publik ini adalah sebagai salah satu bentuk keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan Study AMDAL, yang memang sudah ditetapkan dalam peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku,” ungkap perwakilan PT. SNN, Saslihadi kepada Radar Sukabumi.

Sementara itu, Kadis DLH Kabupaten Sukabumi, Abdul Qodir mengatakan, konsultasi publik sangat penting dilakukan untuk mengetahui harapan, keinginan dan permasalahan terhadap rencana kegiatan yang akan dilakukan. “Konsultasi publik ini merupakan salah satu persyaratan pembuatan kerangka AMDAL. Sehingga perusahaan wajib mensosialisasikannya kepada publik,” singkatnya.

Dari Konsultasi Publik, terlihat sebagian masyarakat Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya, menyetujui dan proaktif menyampaikan harapannya akan rencana pembangunan agrowisata yang akan dilakukan PT. SNN. Selain itu, masyarakat juga menyampaikan sejumlah saran yang bersifat membangun, seperti salah satunya tentang pengelolaan lingkungan yang dituangkan dalam formulir saran pendapat dan tanggapan yang dibagikan kepada peserta konsultasi publik. (bam/adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.