POLITIK

PDIP: Reuni 212 Benturan Peradaban

JAKARTA— Pemikir Barat Samuel P. Huntington pernah mengeluarkan teori benturan peradaban atau clash of civilizations (CoC).

Teori tersebut dinilai telah berjalan di Indonesia ketika Reuni Akbar Mujahid 212 terjadi. Hal itu diutarakan oleh politisi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (5/12).

“Saya mohon maaf saja di ILC tadi malam enggak ada satupun yang ngomong teori Samuel Huntington tentang clash on civilizations. Ya ini bagian dari benturan peradaban,” ujar Bambang Pacul biasa disapa.

Wakil Ketua Komisi I DPR itu lebih lanjut menyatakan aksi tersebut berjalan dengan damai dan tertib karena ada aliran capital yang besar.

“Ya sudah pasti tertib dengan sendirinya. Arus capital bergerak dengan sendirinya dan inikan emang arus capital yang besar dan mengarah ke sana, itulah makannya ada arus balik,” bebernya.

Sambung dia, arus balik itu bertumpu pada kekuatan kanan yang akhirnya tidak ada suatu narasi besar yang disampaikan.

“Ada arus balik ke kanan, ya itu yang kemarin kumpul.Eggak ada pemimpin yang terlihat, enggak ada narasi besar dalam sebuah ide, artinya itu hanya sebuah peradaban,” pungkas Bambang Pacul.

 

(rus)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close