BPBD: Longsor Longsor Dominasi Bencana

SUKABUMI — Sepanjang bulan November tahun ini, kerugian bencana sudah mencapai 176 Juta. Hal tersebut dikatakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, menurutnya terhitung tanggal 1 sampai 27 November sedikitnya ada 41 bencana alam. Hal itu, terjadi akibat hujan mengguyur beberapa waktu terakhir ini.

Koordinator D Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, rincian dari puluhan bencana tersebut diantaranya, 5 Kebakaran, 29 longsor, 4 banjir, 2 angin kencang dan 1 gemoa bumi.

Bacaan Lainnya

“Jika dilihat dari data yang tercatat tersebut bencana yang terjadi didominasi oleh longsor. Karena, jumlah bencana lainnya tidak terlalu tinggi,” kata Daeng kepada koran ini, Selasa (27/11).

Akibat bencana tersebut lanjut Daeng, kerugian disinyalir mencapai hingga ratusan juta. Pasalnya, tak sedikit rumah warga yang hancur dan pasilitas lainnya akibat terjangan bencana longsor, kebakaran dan bencana lainnya.

Dalam penanganannya, BPBD Kabupaten Sukabumi melakukan assesment (penanganan red) dan pemberian bantuan terhadap para korban. Selain itu, tak hentinya BPBD memberikan himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanya pada musim hujan ini.

“Karena yang namanya bencana tidak biaa diprediksi sehingga bisa terjadi kapan saja. Maka dari itu, masyarakat perlu selalu waspada,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *