Atisipasi Banjir, Pemkab Keruk Sungai

CIANJUR — Pemkab Cianjur, melakukan pengerukan Sungai Cianjur. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir bandang, terutama di wilayah perkotaan.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, pengerukan sudah dilakukan sejak awal bulan karena di sejumlah titik mengalami pendangkalan akibat banjir bandang pada beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

“Kami melakukan tindakan darurat untuk mengantisipasi luapan air di musim hujan yang sudah mulai turun dengan intensitas tinggi,” katanya.

Setiap hujan deras turun di bagian hulu atau wilayah perkotaan, arus dan volume air di Sungai Cianjur mengalami kenaikan, sehingga dikhawatirkan meluap hingga ke perkampungan warga dan jalan protokol.

“Sebelum masuk puncak musim penghujan, kami melakukan pengerukan di titik rawan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti merobohkan jembatan atau mengenangi perkampungan warga di sepanjang aliran sungai,” katanya.

Proses pengerukan diperkirakan membutuhkan waktu cukup lama, bahkan kemungkinan baru selesai pada akhir Desember 2018. Hasil pengerukan berupa pasir dan batu akan dibawa ke lahan yang ada di Pasirhayam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *