Kota Sukabumi

Lapdek Jadi Kawasan Bebas Sampah

CIKOLE- Pemerintah Kota Sukabumi akan melakukan penerapan kawasan bebas sampah yang dilakukan secara bertahap.

Kawasan Lapang Merdeka merupakan percontohan kawasan bebas sampah dan pedagang kaki lima (PKL). “Kita tetapkan Lapang Merdeka sebagai kawasan bebas sampah, itu memang sudah ada aturannya,” ujar Wakil Walikota Sukabumi, Andri Hamami, kemarin (11/10).

Dengan adanya penegakan aturan ini kata Andri, tentunya untuk merubah karakter masyarakat yang cenderung terbiasa membuang sampah tidak pada tempatnya.

Langkah awal ini yang dilakukan pemerintah Kota Sukabumi agar masyarakat bisa sadar akan aturan. “Kita lakukan sosialisasi dulu, baru nanti tindakan. Kedepannya akan ada Tipiring jika membuang sampah bukan di tempatnya,” jelasnya.

Selama masa percobaan, juga dilakukan kajian hukum. Jika dianggap efektif menciptakan lingkungan bersih, selanjutnya diberlakukan lebih luas. “Nanti semuanya, se-Kota Sukabumi, kalau di Lapang Merdeka bisa, kenapa di wilayah lain tidak bisa,” katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya akan melakukan penertiban bagi PKL. Hal ini agar, memberikan kenyamanan bagi PKL, terlebih untuk kelancaran arus lalulintas. “Kita persuasif dulu, bukan untuk menghukum melainkan agar masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan,” jelasnya.

Dijelaskan, penataan kawasan Lapang Merdeka memerlukan aturan yang mengikat. Kota Sukabumi dapat mengambil pelajaran penataan lingkungan yang telah dilakukan oleh kota-kota lain seperti Bandung dan Surabaya.

Penanganan kebersihan tidak hanya dilakukan dengan pemasangan baligho dan ajakan saja, juga harus disikapi dengan ketegasan. “Tegakkan aturan dan sanksi bagi siapa saja yang mengotori atau membuang sampah sembarangan. Hal ini juga harus disertai oleh sikap sigap petugas di lapangan,” tegas Andri.

Bukan hanya ditertibkan tapi tentunya harus ada penataan PKL di kawasan Lapang Merdeka. ” Penertiban itu tidak sampai memutus rejeki mereka, penertiban tetap berpihak kepada pedagang,” pungkasnya.

 

(bal/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close