EKONOMI

Berlomba Tawarkan Produk dan Layanan Digital

JAKARTA – Industri perbankan semakin beradaptasi dengan tren digital yang terus berkembang. Beberapa bank besar tercatat gencar meluncurkan produk dan layanan digital, baik secara mandiri ataupun menggandeng perusahaan financial technology (fintech) selama Januari–Maret 2018.

Berdasarkan data pemberitaan dari 20 media massa terbesar di Indonesia, tercatat beberapa bank besar seperti BNI, Bank Mandiri, BRI dan DBS meluncurkan berbagai produk dan layanan digital di kuartal I-2018.

BNI tercatat paling agresif di media massa dengan menguasai 42,9 persen porsi pemberitaan tentang produk perbankan digital di kuartal ini. BNI meluncurkan aplikasi mobile YAP! dan layanan virtual assistant berbasis chatting bernama CINTA (Chat with your INTelligent Advisor).

Maverick Banking Media Performance Report Q1-2018 adalah laporan yang mengukur pencapaian strategi komunikasi publik dari 20 bank terbesar di Indonesia dengan memonitor peliputan industri perbankan di 20 media serta media sosial diantaranya Twitter, Facebook dan Instagram.

Pencapaian tersebut diukur melalui Media Performance Index (MPI) yang memperhitungkan tidak hanya jumlah artikel, tetapi juga kualitas pemberitaan. Laporan ini juga menyajikan hasil pemberitaan terhadap juru bicara dan ekonom bank, kegiatan CSR, peluncuran produk dan layanan baru, serta kerja sama (B2B).

Di peringkat selanjutnya, terdapat Bank Mandiri yang memperkenalkan fitur virtual assistant bertajuk MITA (Mandiri Intelligent Assistant) dengan merebut 20,6 persen porsi pemberitaan, sedangkan BRI memperkenalkan fitur serupa dengan nama SABRINA (Smart BRI New Assistant) dengan 13,2 persen porsi pemberitaan.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close