BISNISEKONOMI

Lindungi Cat dari Cuaca Tak Menentu,,Opsi Paint Protection untuk Kendaraan Pemudik

Melindungi eksterior mobil bisa dibilang gampang-gampang susah. Menjadi hal mudah jika pemilik punya waktu untuk rutin mencuci kendaraan. Namun, jika tidak, diperlukan perawatan ekstra. Salah satunya melalui perlindungan cat atau paint protection supaya cat kendaraan tak mudah pudar. Paint protection memliki fungsi ganda. Yakni, melindungi kualitas cat dari terpaan cuaca dan goresan ringan.

SEBENARNYA, saat keluar dari diler, kendaraan roda empat umumnya sudah mendapatkan paint protection dari pabrikan. Namun, kualitasnya dianggap belum maksimal. ”Karena wax atau sealant yang dipakai adalah untuk mass production dan rush ordering,” ujar owner Autospa Jakarta Ferdy Elton.

Kondisi menjelang mudik seperti saat ini merupakan satu momentum yang cukup pas untuk memberikan perlindungan ganda terhadap eks terior. Pemilik Esa Auto Detailing Resa Yusuf menyebutkan, keuntungan tersebut, salah satunya, kendaraan yanvg baru saja di-treatment dengan paint protection akan menampilkan kilau dan detail maksimal dari cat bawaan kendaraan.

”Biasanya, orang saat akan pulang kampung tentu ingin kendaraannya terlihat bagus,” ujar Resa. Selain itu, paint protection bisa memberikan keuntungan bagi pemilik yang akan meninggalkan kendaraan untuk waktu yang cukup lama, misalnya seminggu. ”Saat ditinggal, kita tak bisa memprediksi perubahan cuaca dan iklim. Kotoran dapat berubah menjadi water spot dan jamur,” tambah Resa.

Manager Marketing Protera Protection Hendrik Susilo menyebutkan, jenis paint protection pada dasarnya terbagi menjadi dua. Pertama adalah waxing. Kedua adalah nano ceramic coating. Jenis kedua adalah yang paling umum dipakai karena kualitasnya memang paling baik. Tak hanya melindungi warna cat dari terik matahari maupun hujan, coating juga mampu menahan goresan halus. ”Coating tersebut akan menjadi bagian terluar dari bodi. Artinya, jika ada goresan halus, hanya bagian coating yang terkena. Bukan langsung pada bodi,” tambahnya.

Jumlah lapisan coating yang diberikan pada mobil bermacam-macam. Bisa satu lapis sampai sepuluh lapis. ”Ada saja konsumen yang ingin memberikan banyak lapisan coating pada kendaraannya. Umumnya, pemilik sedan mewah yang ingin mobilnya selalu terlihat bagus sekaligus menambahkan perlindungan,” beber Ferdy.

1 2Laman berikutnya
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close