Jadwal dan Perubahan Sistem Ujian UN 2018, Berikut Data Lengkapnya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis jadwal Ujian Nasional (UN).

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Bambang Suryadi mengatakan UN akan diawali untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Bacaan Lainnya

“Ujian Nasional akan dimulai pada tanggal 2 sampai dengan 5 April 2018 untuk SMK,” ungkap Bambang di gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (13/3).

Untuk tingkat SMK, ada empat mata pelajaran yang akan di ujiankan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasi Inggris, Matematika dan Teori Kejuruan.

Khusus untuk materi kejuaran sistem tes mengalami perubahan. Jika tahun lalu 70 persen dinilai dari ujian praktek dan 30 persen dari teori, tahun ini 100 persen dinilai lewat ujian teori.

“Tahun ini ujiannya 100 persen teori, bukannya ujian praktiknya tidak penting tapi ujian praktiknya akan dinilai dari sertifikasi oleh lembaga sertifikasi profesi,” imbuh Bambang.

Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat UN akan diselenggarakan tanggal 9 sampai 12 April 2018.

Ada empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata kuliah pilihan.

Khusus untuk mata kuliah pilihan nantinya siswa dapat memilih mata kuliah sesuai dengan passion atau minat.

“Misalnya siswa jurusan IPA, senengnya Biologi berarti tesnya Biologi saja, termasuk yang suka Fisika dan seterusnya, kita arahkan ke passionnya,” tegas Bambang.

Sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat UN akan dilaksanakan pada 23 sampai 26 April 2018 dengan 4 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Kemendikbud juga menyediakan jadwal Ujian susulan. Untuk tingkat SMA/SMK dan sederajat dilaksanakan tanggal 17 dan 18 April 2018, sedangkan tingkat SMP sederajat tanggal 8 dan 9 Mei 2018.

Sementara untuk program kesetaraan Paket C, UN akan berlangsung tanggal 27, 28 atau 29,30 April dan 2 Mei 2018. Ujian Paket B dilaksanakan tanggal 4, 5, 6 dan 7 Mei 2018.

Untuk ujian susulan paket B dan C akan dilaksanakan bersamaan tanggal 11 hingga 14 Mei 2018.

(sat/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *