Kota Sukabumi

Giliran TNI Bangun Rumah Deden

GUNUNGPUYUH – Aparat TNI dari Koramil Gunungpuyuh bersama GM FKPPI Kota Sukabumi bergotong-royong membangun rumah di atas lahan yang sangat sempit milik Deden di Kebondanas RT01 RW03, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

Sebelumnya, di atas lahan tersebut berdiri sebuah bangunan yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Selain berukuran kecil dan kumuh, sekeliling bangunan ini juga hanya menggunakan lembaran seng sebagai dinding yang disangga oleh material kayu.

Sejak beberapa tahun terakhir ini, bangunan tersebut menjadi tempat kediaman Deden.

Kondisi yang sangat miris ini akhirnya menuai keprihatinan dari sebagian besar warga, bahkan lembaga kepolisian maupun TNI.

“Pembangunan rumah tersebut sebagai bentuk tenggang rasa terhadap warga yang kondisi bangunan rumahnya tidak layak untuk dihuni,” ungkap Danramil Gunungpuyuh Kapten (inf) Joko Susilo.

Sebelum menempati bangunan kumuh tersebut, Deden sempat tinggal di dalam bangunan yang berfungsi sebagai pos ronda berukuran berukuran 2X2 meter.

Menurut Joko, aksi gotong royong tersebut juga ditujukan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk berempati dan bahu-membahu dalam menolong sesama manusia.

Dengan begitu, gerakan gotong-royong bisa terjaga di lingkungan masyarakat. Salah satunya dalam pembangunan rumah Deden.

“Ini adalah contoh kecil dari aksi gotong-royong dan empati antar warga,” ungkapnya.

Sementara itu Lurah Karangtengah Tonny Slamet mengatakan rumah baru yang nanti akan dihuni oleh Deden ini akan memiliki luas bangunan sekitar 6X4 meter.

Rencananya proses proses pembangunannya sekitar sepekan. Anggaran yang digunakan untuk mendirikan bangunan rumah tersebut sepenuhnya berasal dari para donatur.

Selama proses pembangunan, Deden sementara waktu tinggal di rumah warga lainnya.

“Sebelum menempati rumah barunya, Deden kami evakuasi dulu ke rumah warga. Alhamdulillah warga sekitar peduli terhadap Deden,” ucapnya.

Deden Kosasih mengaku bersyukur banyak masyarakat yang peduli kepadanya. Bahkan, bantuan terus silih berganti berdatangan.

“Alhamdulillah banyak bantuan kepada saya. Bahkan sampai rela memabangunkan rumah laik huni,” ungkapnya.

Ketua GM FKPPI Kota Sukabumi Aprets Heumasse mengaku akan membantu pembangunan rumah Deden semaksimal mungkin.

Bahkan dirinya sudah mengintruksi kepada seluruh anggotanya untuk ikut terjun dan membantu sesuai kemampuan masing-masing.

“Kami sudah perintahkan anggota untuk saling membantu sesuai dengan kemampuan, karena kami prihatin dan merasa miris,” tutupnya. (cr11/t)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close