BISNIS

Kereta Tanpa Rel Mulai Beroperasi, Pertama di Dunia

ZHUZHOU – Sebuah kereta tanpa rel pertama di dunia sudah dilucurkan dan mulai beroperasi di sebuah kota di Cina, Selasa (24/10/2017).

Kereta yang diberi julukan ‘kereta pintar’ pertama di dunia itu dapat berjalan di jalur rel virtual di jalan-jalan ramai Zhouzhou di Provinsi Hunan, Cina.

Dilansir dari People’s Daily Online, kereta virtual itu dapat melaju dalam kecepatan 70 kilometer/jam dan membawa sebanyak 300 penumpang.

Sistem kereta api, yang disebut ART atau Autonomous Rail Rapid Transit, telah dikembangkan oleh China’s CRRC Corporation Limited, salah satu produsen kereta terbesar di dunia.

Kereta ini diciptakan sebagai transportasi umum Zhuzhou, sebuah kota dengan sekitar empat juta penduduk, sebelum dipopulerkan ke bagian lain Cina.

Jalur kereta tak kasat mata dibuat seluas 3,75 meter dengan diberi tanda seperti garis putus-putus yang dilukis di jalan.

Menurut Feng Jianghua, chief engineer kereta api, sistem kereta api virtual jauh lebih murah untuk dibangun dibandingkan dengan sistem trem atau kereta bawah tanah.

Feng juga mengatakan bahwa kereta tersebut mengidentifikasi trotoar dan memiliki berbagai sensor untuk mengumpulkan informasi perjalanan.

Tiga jalur ‘kereta pintar’ tersebut sedang diuji di jalan Zhuzhou. Kereta api diharapkan bisa beroperasi secara otomatis dalam waktu dekat.

(mia/pojoksatu)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close