DUNIA

Broadcast NASA HOAX atau Benar Adanya? Ini Respon Para Ilmuan

Beredar pesan berantai atau broadcast tentang sinar kosmik yang akan melewati bumi. Sinar ini akan lewat pukul 00.30-03.30. Sinar kosmik disebut berbahaya dan warga diminta untuk mematikan telepon dan TV selama jam tersebut.

Disebut juga Singapura sudah mengumumkan kabar ini kepada warganya. Para warga diimbau untuk melindungi diri dari bahaya radiasi yang tinggi akibat sinar kosmik yang akan lewat di dekat bumi.

Berikut isi lengkap broadcast tersebut:

Malam ini 00:30-03:30 pastikan untuk mematikan telepon: TV Singapura telah mengumumkan berita. Tolong selepas baca ini, lindungi diri anda. Beritahukan kerabat terkasih dan teman-teman. Hari ini malam dari 12:30-03:30, berbahaya, radiasi yang tinggi, sinar kosmik akan melewati dekat dengan bumi. Jadi matikan ponsel Anda. Jangan biarkan ponsel Anda dekat dengan tubuh Anda, dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh . Silahkan cek Google NASA dan BBC News. Menebarkan pesan ini kepada semua yang kalian peduli. 

Benarkah info tersebut?

ternyata pesan ini sudah pernah beredar dan sempat ditanyakan seorang di jejaring sosial pada Agustus 2011 lalu. Isi pesannya hampir sama yakni untuk mematikan handphone dan jauhkan dari badan mulai pukul 00.30- 04.00 karena ada lintasan sinar kosmik dari luar bumi yang akan menghantarkan efek radiasi tinggi pada satelit di lintasan bumi dan bisa berbahaya.

Namun dalam pesan-pesan yang beredar tidak dicantumkan dengan jelas kapan tanggal, bulan dan tahun peritiwa itu terjadi.

Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan, Clara Y. Yatini. Dalam makalah ilmiah Clara yang berjudul ‘Analisa Penurunan Intensitas Sinar Kosmik’ dijelaskan bumi setiap saat dihujani oleh atom-atom yang terionisasi dan partikel subatomik lain yang disebut sebagai sinar kosmik.

Sinar kosmik terdiri dari partikel-partikel yang berenergi tinggi dan dibagi menjadi dua komponen yaitu partikel-partikel yang  berasal  dari  luar matahari dan  yang  berasal  dari matahari.

Soal broadcast tersebut Clara mengatakan berita tersebut adalah hoax. Menurutnya bumi terlindungi dari sinar kosmik karena memiliki lapisan magnetosfer. Apalagi sinar tersebut bukan hanya malam ini melewati bumi, tetapi hampir setiap saat. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Magnetosfer adalah lapisan medan magnet yang menyelubungi benda angkasa.  Magnetosfer ini menjangkau ribuan kilometer ke antariksa. Fungsinya di antara lain melindungi bumi dari puncak badai matahari yang disebut bisa menghancurkan bumi, menahan radiasi dan membelokkan partikel-partikel bermuatan serta angin matahari yang dapat membahayakan aktivitas manusia.  (*)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close