Ramadan, Siswa MTS dan MA Tarbiatul Falah di Gembleng

Tarbiyatul Tarfal
Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Tarbiyatul Tarfal saat mengikuti pesantren ramadan. Foto:Istimewa

RADARSUKABUMI.com – Aktivitas siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Tarbiyatul Tarfal di bulan ramadan berbeda dengan hari biasanya.

Di bulan Radaman ini para siswa MTs dan MA mengadakan pesantren ramadan yang dilakukan oleh seluruh tingkatan,untuk siswa kelas VII, VIII MTs dan X, XII MA dilaksanakanaaada 11 hingga 16 April, bagi kelas IX dan kelas XII dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 23 April.

Bacaan Lainnya

Kepala Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Tarfal (Mts) Tarbiyatul Tarfal, Ricky Ginanjar mengatakan momentum ramadan ini dimanfaatkan oleh para siswa untuk meningkatkan ibadah dan ilmu pengetahuan keislaman. Makanya pihak yayasan Tarbiyatul Tarfal menggelar pesantren ramadan bagi seluruh siswa.

” Kita ingin pesantren ramadan ini, pengetahuan siswa dari segi ilmu keislamannya bertambah. Jadi siswa wajib mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Selain itu, pesantren ramadan ini untuk mengenalkan siswa di dunia kepesantrenan. Dimana siswa dibawah naungan yayasan tarbiyatul Tarfal ini bisa memperdalam ilmu agama, seperti kegiatan tadarus al-quran, mengenaik ilmu fikih, kajian kitab-kitab dan lainnya.

” Kini ingin mengenalkan mereka juga menjadi santri, makanya kita adakan di malam sabtu itu untuk menginap atau itikaf di masjid,” ungkapnya.

Jadi kegiatan pesantren ramadan ini dilakukan dalam seminggu itu empat hari, sedangkan untuk satu harinya full berada di masjid.

” Rabu, kamis dan Jumat, untuk malam sabtunya itu itikaf di Masjid,” katanya.

Dikatakan Rikcy bahwa seluruh siswa yang mengikuti pesantren ramadan ini haruslah betul-betul diniati untuk tholabul ilmi dan mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh.

” Diharapkan setelah mengikuti kegiatan pesantren kiat Ramadhan anak-anak bisa bertambah wawasannya serta dapat diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.