Amalan Terbaik di Hari Terakhir Bulan Ramadan

  • Whatsapp
Ust Lukmanul Hakim

Ust Lukmanul Hakim
*Pengurus Yayasan Al-Bisriyah

Assalamualaikum, Wr Wb

Bacaan Lainnya

Tak Terasa, 07/05/2021 kita sudah berada pada fase hari-hari terakhir Ramadhan tepatnya tanggal 25 Ramadhan 1442 Hijriyah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki 10 hari terakhir Ramadhan ini, beliau mengencangkan ikatan sarung (memperbanyak ibadah).

Di antara hal yang dianjurkan oleh syariat adalah bersungguh-sungguh menggapai Lailatul Qadar. Ada 5 amalan terbaik yang dapat kita kerjakan seperti diterangkan Al-Habib Quraisy Baharun dalam Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah (MR) Jawa Barat.

Mulai dari amalan Melaksanakan Sholat Malam (Qiyam Ramadhan). Di antara amalan paling utama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengerjakan sholat wajib 5 waktu kemudian melaksanakan sholat tarawih berjamaah hingga selesai sholat bersama imaam. Lebih utama lagi jika kita menambahnya pada malam hari, sebagaimana hadits:

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Al-Bukhari).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: “Jika seseorang melakukan shalat (tarawih dan witir) bersama imam sampai selesai, niscaya dicatat baginya pahala shalat semalam suntuk.” (HR. Abu Dawud, shahih).

Kemudian Banyak Berdoa, karena pada hari terakhir Disunnahkan bagi kita untuk banyak berdoa. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya oleh istri beliau, Aisyah radhiallahu ‘anha, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku mengetahui suatu malam adalah Lailatul Qadar. Apa yang mesti aku ucapkan saat itu?” Maka Beliau menjawab, “Ucapkanlah: ‘Allahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu Anni (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR at-Tirmidzi, Hadis Sahih)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *