Guru Sebagai Pahlawan Bangsa

  • Whatsapp
Hari Guru Nasional 2021

Oleh: Dyna Nur Shuhupy – Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sukabumi

GURU merupakan sosok yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena untuk perkembangan dan kemajuan bangsa. Guru sebagai pengajar sekaligus pendidik yang memberikan pengetahuan dan wawasan kepada peserta didik agar mencetak generasi bangsa yang cerdas.

Bacaan Lainnya

Guru bukan seorang pekerja, akan tetapi sebagai profesi. Harus kita ketahui bahwa berprofesi sebagai  seorang guru adalah tugas yang sangat mulia, karena tugas seorang guru memberikan ilmu pengetahuan kepada muridnya.

Selain itu, tugas  guru juga membagi pengalaman-pengalamannya yang berharga, serta menanamkan nilai-nilai sosil budaya, moral dan agama. Guru juga bertugas sebagai seorang motivator dimana guru memberikan motivasi-motivasi kepada muridnya agar keinginan belajar terus tumbuh dalam diri mereka. Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu memperjuangkan pendidikan untuk membangun generasi muda yang berguna bagi bangsa.

Pada pekan ini, tanggal 25 November kita semua akan merayakan Hari Guru Nasional. Guru adalah sosok pahlawan yang sangat luar biasa mengajar dengan ikhlas tanpa mengenal lelah. Perjuangannya yang sangat luar biasa untuk mendidik murid-murid agar berpengetahuan dan kelak mereka mendapatkan masa depan yang cerah tentunya bukan untuk masa depan mereka saja melainkan masa depan bangsa, karena masa depan bangsa yang akan datang di tentukan oleh generasi yang pintar dan berwawasan.

Maka dari itu, guru berperan penting dalam dunia pendidikan  untuk mencerdaskan dan mendisiplinkan generasi bangsa. Lalu, mengapa seorang guru di katakan sebagai pahlawan? Guru disebut sebagai seorang pahlawan karena tugasnya dibilang cukup berat dalam mendidik murid-murid. Mendidik banyak siswa tentunya bukan hal yang mudah dan tidak semua orang bisa melakukannya dimana guru di hadapkan dengan berbagai macam siswa dengan sifat yang berbeda.

Namun, guru memperlakukan siswa yang satu dengan yang lainnya tetap sama karena guru di tuntut untuk bersikap adil kepada murid-muridnya. Guru dengan sabar mengjar dan mendidik muridnya agar menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Dengan adanya Hari Guru Nasional ini kita harus menghargai perjuangan-perjuangan seorang guru dalam mendidik generasi bangsa. Guru pantas dikatakan sebagai seorang pahlawan karena pengorbanannya diberikan kepada bangsa sungguh luar biasa.

Selamat Hari Guru Nasional

Jasamu sungguh luar biasa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *