Kelola Sampah Jadi Kompos, DPR RI Komisi VII Gandeng BRIN

Sejumlah peserta saat mengikuti pelatihan pengelolaan sampah
ANTUSIAS: Sejumlah peserta saat mengikuti pelatihan pengelolaan sampah menjadi kompos disalah satu hotel Kota Sukabumi, Jumat (14/10).

SUKABUMI — Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ribka Tjiptaning menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan pelatihan pengelolaan sampah menjadi kompos disalah satu hotel Kota Sukabumi.

“BRIN memiliki banyak program seperti, pengelolaan sampah menjadi kompos disertai dengan pelatihan. Misalnya, beberapa waktu lalu di daerah Cidahu Kabupaten Sukabumi memberikan pelatihan perbanyakan kawin silang tanaman bunga Anggrek karena di Cidahu notabenenya menjual tanaman anggrek,” kata Ribka kepada Radar Sukabumi, Jumat (14/10).

Bacaan Lainnya

Ribka menjelaskan, di Kecamatan Ujunggenteng tempat para nelayan memberikan pelatihan tata cara mengolah rumput laut menjadi bakso. Nantinya, masyarakat umum lainnya menjadi tahu bahwa Ujunggenteng menjual bakso terbuat dari rumput laut itulah yang menjadi harapan.

“Kalau di Kota Sukabumi juga banyak Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)yang mengelola sampah menjadi kompos, karena BRIN itu memang dari rumusan dalam tanah hingga pesawat kawal kita ajarkan hingga membuat biskuit untuk dapat menahan lapar selama tiga hari dan untuk mengatasi stunting juga ada,” bebernya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *